Puskesmas Rasa Rumah Sakit dengan Dana Rp5,7 Miliar

Dumai – Sebanyak dua puskesmas di Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau, dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) 2018 senilai total Rp5,7 miliar.

Puskesmas di Kelurahan Bumi Ayu, Dumai Selatan dibangun dengan dana Rp1,2 miliar, dan digunakan untuk rehabilitasi dan penambahan dua ruang tindakan persalinan, tiga tempat tidur rawat inap dan ruang logistik di lantai dua.

Sedangkan puskesmas di Kelurahan Purnama, Dumai Barat, dianggarkan Rp4,5 miliar, digunakan untuk membangun gedung baru yang dilengkapi pelayanan rawat jalan, unit gawat darurat, ruang tindakan persalinan dan tiga kamar ruang rawat inap. Gedung itu dibangun di atas lahan seluas 40×165 meter persegi.

Kepala Dinas Kesehatan Dumai Faisal, mengungkapkan, Pemerintah Kota Dumai sendiri menargetkan sebanyak 10 Puskesmas sudah terakreditasi, yaitu Puskesmas Bukit Kapur, Dumai Barat, Bukit Timah, Purnama, Bumi Ayu, Dumai Kota, Jaya Mukti, Sungai Sembilan, Medang Kampai dan Puskesmas Bukit Kayu Kapur.

Khusus untuk pekerjaan pembangunan dua puskesmas, kata Faisal, sudah dimulai. “Diharapkan semua puskesmas di Dumai bisa melayani persalinan.”

Proses pembangunan selain didampingi inspektorat dan tim pengawal, juga dipantau kejaksaan negeri Dumai. (IZN – persi.or.id)