Seminar Nasional PERSI XXI, Seminar Patient Safety XIX dan Hospital Expo XXXVII 2025

SAMBUTAN KETUA UMUM

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) akan menyelenggarakan Seminar Nasional PERSI XXI, Seminar Patient Safety XIX dan Hospital Expo XXXVII pada tanggal 25-28 September 2025 bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang dengan tema:

Improving Access, Quality, and Safety through Financial Sustainability

Selain Seminar, PERSI pada kesempatan ini juga akan mengadakan Workshop, PERSI Award, dan Poster Session serta Side Event yang dilaksanakan secara paralel.

Kami berharap seluruh rumah sakit di Indonesia serta pemangku kepentingan perumahsakitan dapat berpartisipasi aktif dan menjadi peserta aktif pada kegiatan ini, sebagai ajang silaturahmi perumahsakitan Indonesia, menambah wawasan, dan peningkatan pengetahuan untuk meningkatkan daya saing Rumah Sakit Indonesia. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, Agustus 2025
PERHIMPUNAN RUMAH SAKIT
SELURUH INDONESIA

dr. Bambang Wibowo, Sp.O.G, Subsp. K.Fm, MARS, FISQua
Ketua Umum


SUSUNAN ACARA SEMINAR
IMPROVING ACCESS, QUALITY, AND SAFETY THROUGH FINANCIAL SUSTAINABILITY


HARI 1 : KAMIS, 25 SEPTEMBER 2025 


PEMBUKAAN : (PUKUL 08.30 – 09.35 WIB)

  • Pembukaan oleh MC
  • Menyanyikan lagu : Indonesia Raya, Mars PERSI, Hymne PERSI
  • Pembacaan Doa – dr. Mohammad Ali Toha, MARS
  • Tarian Nasional
  • Sambutan Ketua Umum PERSI – dr. Bambang Wibowo, Sp.O.G, Subsp. K.Fm, MARS, FISQua
  • Sambutan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI *
  • Pembukaan Acara

KEYNOTE SPEECH – 1  : (PUKUL 09.35 – 10.05 WIB)
Strategi Pembinaan dan Pengawasan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Menuju Indonesia Sehat
Menteri Kesehatan RI*

Pemberian Penghargaan (10.05 – 10.15 WIB)

Rehat dan Hospital Expo (10.15 – 10.30 WIB)

 SYMPOSIUM – 1 : (PUKUL 10.30 – 12.00 WIB)
Tantangan Bisnis Perumahsakitan di Indonesia Masa Mendatang

  1.  Perkembangan Transformasi Bidang Kesehatan di Indonesia dalam Strategi dan Konsep Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan
    Direktur Jenderal Kesehatan Lanjutan, Kementerian Kesehatan RI*
  2. Pendayagunaan JKN dalam Keberlangsungan Bisnis Perumahsakitan Era Regulasi Terkini yang Berdampak terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan
    Direktur Utama BPJS Kesehatan*
  3. Implementasi Peraturan Presiden tentang Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Keberlangsungan Bisnis Perumahsakitan
    Ketua DJSN*
  4. Peningkatan Akses, Kualitas, dan Keselamatan untuk Keberlangsungan Bisnis Rumah Sakit
    Ketua Umum PERSI
  5. Tantangan dan Peluang Akses Pelayanan Kesehatan : Perspektif Nasional dan Regional
    Ketua Asosiasi Dinas Kesehatan*

ISHOMA – HOSPITAL EXPO : (PUKUL 12.00 – 13.00 WIB)

SYMPOSIUM – 2 : Hospital Financial Sustainability Strategy (PUKUL 13.00 – 15.00 WIB)

  1. Mitigasi Risiko terhadap Kebijakan Pemberlakuan KRIS, i-DRG Single Tariff dan Klasifikasi RS Berbasis Kemampuan Pelayanan
    Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Lanjutan, Kementerian Kesehatan RI*
  2. Strategi RS dalam Menyikapi Rencana Kebijakan Pemberlakuan KRIS, i-DRG Single Tariff dan Klasifikasi RS Berbasis Kemampuan Pelayanan
    Ketua Umum ARSSI*
  3. Optimalisasi Pendapatan Rumah Sakit: Diversifikasi Layanan dan Efisiensi Operasional
    Ketua Umum ARSADA*
  4. Strategi Rumah Sakit dalam Meningkatkan Produktivitas dan Keberlanjutan Pelayanan yang Berkualitas serta Keuangan di Era Ketidakpastian
    Ketua Umum ARSKI*

Rehat dan Hospital Expo (15.00 – 15.15 WIB)

DISKUSI PANEL – 1  : (15.15 – 17.15 WIB)
Strategi Berbagai Jenis Rumah Sakit pada Implementasi Regulasi KRIS, i-DRG
Single Tariff dan Klasifikasi RS Berbasis Kemampuan Pelayanan dalam Pelayanan JKN

  1. Direktur Utama RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta*
  2. Direktur RS Tk. II Moh. Ridwan Meuraksa*
  3. Direktur RSUD Gunung Jati Cirebon*
  4. Direktur RSGM FKG Universitas Trisakti*

WORKSHOP : (13.00 – 17.15 WIB)

  1. Workshop Pengendalian Inventory Perbekalan Farmasi
  2. Workshop Penguatan Implementasi Program Pengendalian Resistensi Antimikroba (PPRA)
    Sesuai Standar Akreditasi Rumah Sakit Terkini
  3. Workshop Peningkatan Peran Satuan Pemeriksaan Internal di Rumah Sakit Berbasis GRC (Governance, Risk and Compliance)
  4. Workshop Tata Kelola Klinis Pasien JKN di Rumah Sakit yang Efektif dan Efisien
  5. Workshop Transformasi Pengkodean INA CBG Menuju i-DRG
  6. Workshop Negosiasi sebagai Strategi Efektif Penyelesaian Sengketa di Rumah Sakit
  7. Workshop Penerapan Tata Kelola Etik untuk Menjamin Financial Integrity dan Pencegahan Fraud di Sektor Kesehatan
  8. Workshop Membangun Sistem Keselamatan Pasien yang Adaptif dan Berkelanjutan di Rumah Sakit
  9. Workshop Net Zero Masterclass
  10. Workshop Implementasi Health Technology Assessment (HTA) Rumah Sakit di Indonesia
    (Tingkat Dasar)

HARI 2 : JUMAT, 26 SEPTEMBER 2025


KEYNOTE SPEECH – 2 : (08.30 – 09.00 WIB)
Tantangan Asuransi Swasta di Era Kebijakan Baru JKN
Ketua Dewan Komisioner OJK*

Rehat dan Hospital Expo (09.00 – 09.15 WIB)

SYMPOSIUM – 3 : (09.15 – 11.15 WIB)
Strategi Pemberdayaan Asuransi Swasta dalam Pelayanan Kesehatan

  1. Dukungan Pemerintah terhadap Alternatif Pilihan pada Asuransi Swasta Kepala Pusat Pembiayaan Kesehatan,
    Kementerian Kesehatan RI*
  2. Strategi Peluang Mengembangkan Kemitraan dalam Bisnis Perumahsakitan
    Direktur Utama PT. Administrasi Medika (AdMedika)*
  3. Peluang dan Tantangan Asuransi Swasta Menjadi Alternatif Pilihan dalam Meningkatkan Produktivitas RS
    Direktur RS Mayapada Jakarta Selatan*
  4. Konsep dan Strategi Pemasaran dalam Meraih Peluang Kemitraan Asuransi Swasta
    Direktur Utama RSJPD Harapan Kita*

Side Event 1  : (09.15 – 11.15 WIB)
Peran RS Pendidikan dalam Menjaga Mutu Pelayann dan Kualitas Peserta Didik

  1. Kebijakan Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit
    Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI*
  2. Peran Institusi Pendidikan dalam Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit
    Ketua AIPKI*
  3. Pengembangan Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit
    Direktur Utama PMN RS Mata Cicendo*
  4. Peran Rumah Sakit Pendidikan dalam Menjaga Mutu dan  Keselamatan Pasien
    Direktur RSA UGM*

Side Event 2 : (09.15 – 11.15 WIB)
Pengembangan Teknologi Kesehatan dalam Pelayanan Rumah Sakit

  1. Arah Kebijakan Transformasi Digital Perumahsakitan dalam Sistem Informasi Kesehatan Nasional
    Setiaji, ST, M.Si, Staf Ahli Menkes bidang Teknologi Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI*
  2. Model Teknologi Digital dalam Pelayanan Rumah Sakit
    dr. Bayu Prawira Hie, MBA – Konsultan*
  3. Strategi Rumah Sakit Tanggap Keamanan Siber
    Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pembangunan Manusia, BSSN*
  4. Implementasi Artificial Intelligence di Rumah Sakit
    Direktur RS Premier Bintaro*

 

Side Event 3 :  (09.15 – 11.15 WIB)
Nominator PERSI Award

Side Event 4 : (09.15 – 11.15 WIB)
Eksekutif Muda Rumah Sakit Indonesia (EMRI)

 

Industrial Symposium – (09.15 – 11.15 WIB)

  1. Industrial Symposium -1
  2. Industrial Symposium -2
  3. Industrial Symposium -3
  4. Industrial Symposium -4

ISTIRAHAT, SHOLAT JUMAT, MAKAN SIANG DAN HOSPITAL EXPO – (11.15 – 12.45 WIB)

 

SYMPOSIUM – 4 : (12.45 – 14.45 WIB)
Kode Etik Rumah Sakit

  1. Implementasi Kode Etik RS : Mencegah Kriminalisasi
    Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto, SH, MSi, Sp.FM. Subsp.EM(K), DFM – Ketua MAKERSI Pusat
  2. Peran Etik sebagai Perlindungan Hukum terhadap Tenaga Profesional Rumah Sakit
    Dr. drg. Hari Pudjo Nugroho, SH, MH.Kes – Ketua Kompartemen Organisasi, Hukum dan Hubungan Antar Lembaga PERSI Wilayah Jawa Timur
  3. Dilema Etik Profesi dalam Keterbatasan Biaya Pelayanan Kesehatan
    Prof. Dr. dr. Joni Wahyuhadi, Sp.BS(K)., MARS – Ketua Dewan Pengawas PERSI
  4. Peran Komite Etik dan Hukum Rumah Sakit dalam Tata Kelola Klinik dan Tata Kelola Manajemen Rumah Sakit yang Baik
    Dr. dr. Beni Satria, M.Kes., S.H., M.H., FISQua – Sekretaris Kompartemen Hukum, Advokasi, Mediasi, dan Organisasi PERSI

Rehat dan Hospital Expo (14.45 – 15.00 WIB)

 

SYMPOSIUM – 5 : (15.00 – 17.00 WIB)
Mewujudkan Rumah Sakit yang Aman, Adaptif, dan Berkelanjutan melalui RS Ramah Keselamatan Pasien

  1. Mengembangkan Budaya Mutu dan Pembelajaran Berkelanjutan dalam Meningkatkan Daya Saing
    Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D – Praktisi
  2. Penguatan Layanan Berpusat pada Pasien Menuju Pelayanan Berbasis Nilai
    dr. Nico A. Lumenta, K.Nefro, MM, MHKes, FISQua – Ketua IKPRS PERSI
  3. Kelebihan dan Kekurangan Antara Fee for Service dan Fee for Performance terhadap Aspek Mutu Pelayanan di Rumah Sakit
    dr. Ahmad Fuady, MSc, PhD – Praktisi
  4. Standarisasi dan Indikator RS Ramah Keselamatan Pasien yang Berdaya Ungkit pada Kualitas Layanan
    Dr. Rita Sekarsari, Sp.Kp, Sp.KV, MHSM, MH, FISQua – IKPRS PERSI

 

WORKSHOP – (12.45 – 17.00 WIB)

  1. Workshop Pengendalian Inventory Perbekalan Farmasi
  2. Workshop Penguatan Implementasi Program Pengendalian Resistensi Antimikroba (PPRA)
    Sesuai Standar Akreditasi Rumah Sakit Terkini
  3. Workshop Peningkatan Peran Satuan Pemeriksaan Internal di Rumah Sakit Berbasis GRC (Governance, Risk and Compliance)
  4. Workshop Tata Kelola Klinis Pasien JKN di Rumah Sakit yang Efektif dan Efisien
  5. Workshop Transformasi Pengkodean INA CBG Menuju i-DRG
  6. Workshop Negosiasi sebagai Strategi Efektif Penyelesaian Sengketa di Rumah Sakit
  7. Workshop Penerapan Tata Kelola Etik untuk Menjamin Financial Integrity dan Pencegahan Fraud di Sektor Kesehatan
  8. Workshop Membangun Sistem Keselamatan Pasien yang Adaptif dan Berkelanjutan di Rumah Sakit
  9. Workshop Net Zero Masterclass
  10. Workshop Implementasi Health Technology Assessment (HTA) Rumah Sakit di Indonesia
    (Tingkat Dasar)

 


HARI 3 : SABTU, 27 SEPTEMBER 2025 


KEYNOTE SPEECH – 3: (08.30 – 09.00 WIB)
Kebijakan Moneter terhadap Sustainability Pelayanan JKN
Menteri Keuangan RI*

 

Rehat dan Hospital Expo (09.00 – 09.30 WIB)

 

TALKSHOW – 1 : (09.30 – 12.00 WIB)
Menyikapi Kebijakan Terbaru dalam Pelayanan JKN

  1. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI*
  2. Ketua DJSN*
  3. Direktur Utama BPJS Kesehatan *
  4. Koordinator Advokasi BPJS Watch*
  5. Ketua Umum ARSSI*
  6. Ketua TKMKB*

 

Side Event 1 : (09.30 – 12.00 WIB)
Pengembangan Kompetensi SDM RS

  1. Strategi Pengembangan Kompetensi Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Lain sesuai Perkembangan Ilmu Kedokteran dan Teknologi Kesehatan
    Direktur Mutu SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI*
  2. Implementasi Sistem Manajemen Kinerja yang Efektif di Rumah Sakit
    CEO Hermina Group*
  3. Pengembangan Program Mentoring dan Coaching untuk Peningkatan Kompetensi dan Kepemimpinan di Rumah Sakit
    Direktur RSUD Dr Soetomo Surabaya*
  4. Manajemen Leadership dalam Strategi Retensi Karyawan Prioritas
    CEO Siloam Hospitals*

Side Event 2 : (09.30 – 12.00 WIB)
Pelayanan RS Berbasis Kemampuan Pelayanan

  1. Stratifikasi RS Berbasis Kemampuan Pelayanan
    Direktur Pelayanan Klinis, Kementerian Kesehatan RI*
  2. Rujukan Pelayanan Berbasis Kompetensi
    Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kementerian Kesehatan RI*
  3. Pembiayaan JKN terhadap Pelayanan Berbasis Kemampuan Pelayanan
    Kepala Pusat Pembiayaan Kesehatan,Kementerian Kesehatan RI*
  4. Strategi Antispasi Diberlakukannya Kebijakan Baru tentang Pelayanan JKN Berkaitan dengan Klaim BPJS Kesehatan
    Direktur RS Pelni*

 

Side Event 3 (09.30 – 12.00 WIB)
Research Management
(Penelitian yang sudah terpublikasi melalui jurnal

bereputasi yang dilaksanakan oleh akademisi/praktisi RS)

  1. Presentasi Penelitian Klinis
    Direktur Utama RS Persahabatan*
  2. Presentasi Penelitian Teknologi Kesehatan
    Direktur Utama RS Hasan Sadikin*
  3. Presentasi Penelitian Manajemen
    FKM UI*

Side Event 4 : (09.30 – 12.00 WIB)
Nominator PERSI Award

 

Industrial Symposium – (09.30 – 12.00 WIB)

  1. Industrial Symposium -1
  2. Industrial Symposium -2
  3. Industrial Symposium -3
  4. Industrial Symposium -4

ISTIRAHAT, SHOLAT, MAKAN SIANG DAN HOSPITAL EXPO – (12.00 – 13.00 WIB)

Talkshow – 2 :  (13.00 – 15.00 WIB)
Penyelesaian Kasus Klaim Dispute, Pending, dan Tidak Layak

  1. Ketua DJSN*
  2. Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan*
  3. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta*
  4. Dewan Pertimbangan Klinis Kemenkes*
  5. Ketua Umum ARSADA*

 

PENUTUPAN : (15.00 – 16.00 WIB)

  1. PENGUMUMAN DAN PENYERAHAN HADIAH
    Pemeringkatan Rumah Sakit, PERSI Award dan Poster Session
  2. PENUTUPAN

 


HARI 4 : MINGGU, 28 SEPTEMBER 2025


  • FUN WALK & SENAM SEHAT (07.00 – 08.00 WIB)
  • DOOR PRIZE (08.00 – 09.00 WIB)

 


PERSI AWARD -MAKERSI AWARD

PERSI AWARD – MAKERSI AWARD merupakan ajang penghargaan bagi Rumah Sakit, sebagai salah satu bentuk kontribusi Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dalam upaya meningkatkan mutu perumahsakitan di Indonesia. Lomba PERSI AWARD – MAKERSI AWARD diadakan bersamaan dengan SEMINAR NASIONAL PERSI XXI, SEMINAR TAHUNAN PATIENT SAFETY XIX DAN HOSPITAL EXPO XXXVII di ICE BSD CITY TANGERANG TANGGAL 25 – 28 SEPTEMBER 2025 yang bertema:

“Improving Access, Quality, and Safety through Financial Sustainability’’

Setiap kategori menghadirkan kesempatan untuk memperlihatkan inovasi kegiatan/program layanan di rumah sakit.

PESERTA LOMBA :
Lomba PERSI AWARD – MAKERSI AWARD 2025 ini terbuka untuk Rumah Sakit yang berdomisili di seluruh Indonesia, khusunya Rumah Sakit anggota PERSI yang
menunjukkan keunggulan atau pencapaian luar biasa dalam mempromosikan kualitas mutu dan keselamatan pasien. Pencapaian dapat mencakup kegiatan yang
menunjukkan komitmen yang jelas terhadap kualitas keselamatan pasien di rumah sakit. Sebagai contoh:

  • Mengembangkan dan mempromosikan layanan atau model perawatan baru atau yang lebih baik dengan kualitas dan keselamatan pasien sebagai tujuan inti;
  • Membangun budaya keselamatan pasien di tempat kerja di semua tingkat organisasi;
  • Meningkatkan pendidikan tenaga kerja tentang pentingnya keterlibatan pasien dan pemberdayaan;
  • Meningkatkan kualitas perawatan untuk populasi pasien yang kurang terlayani atau berisiko;
  • Meningkatkan penerapan prinsip mutu dan keselamatan pasien untuk mengurangi hal-hal yang dapat dicegah: infeksi, pengobatan, kesalahan prosedur, dan lain – lain.

KATEGORI LOMBA :

  1. Kode Etik dan Perilaku Rumah Sakit
    yaitu segala kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan pembentukan, penyelenggaraan, sosialisasi, implementasi, pengawasan, dan pembinaan Etika Rumah Sakit dan Kode Perilakunya yang mengacu ke KODERSI, serta membudayakan pelaporan pengalaman menangani masalah tersebut ke MAKERSI (sebagai bahan etikoprudensi Rumah Sakit).
  2. Corporate Social Responsibility :
    yaitu segala kegiatan rumah sakit yang berkaitan dengan kepedulian/tanggung jawab
    sosial kepada masyarakat.
  3. Green Hospital :
    yaitu segala kegiatan rumah sakit yang berkaitan dengan kepedulian lingkungan.
  4. Health Services During Crisis :
    yaitu segala kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan inovasi/kegiatan berupa kebijakan
    dalam perbaikan pelayanan internal maupun eksternal di masa krisis.
  5. Healthcare Workers’ Wellbeing :
    yaitu segala kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan kesejahteraan, kesehatan jasmani
    dan Rohani untuk sumber daya manusia rumah sakit untuk professional intercollaboration.
  6. Leadership and Management :
    yaitu segala kegiatan rumah sakit yang berkaitan dengan upaya peningkatan mutu/ kinerja,
    pengembangan sumber daya manusia rumah sakit.
  7. Quality and Patient Safety :
    yaitu segala kegiatan di rumah sakit berkaitan implementasi mutu dan Keselamatan Pasien.
  8. Innovation in Healthcare IT :
    yaitu kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan upaya peningkatan mutu, keselamatan
    pasien, dan sistem pelaporan dengan penggunaan teknologi informasi.
  9. Customer Service, Marketing and Public Relation :
    yaitu segala kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan upaya peningkatan mutu
    pelayanan kepada pelanggan eksternal, pemasaran dan hubungan masyarakat (humas).

MEKANISME LOMBA :
Rumah sakit mengirimkan tulisan yang menjelaskan keunggulan dan atau pencapaian luar biasa yang telah dilakukan oleh Rumah Sakit dalam mempromosikan kualitas dan keselamatan pasien.Tulisan/makalah tersebut disusun dengan sistematika tulisan terdiri dari :

  1. Ringkasan sebanyak 100 kata dari tulisan/makalah, program, dan atau layanan yang telah dilakukan.
  2. Latar belakang mengapa inovasi/kegiatan, program atau layanan tersebut dibuat, apa masalah dan tantangan yang perlu ditangani (maksimal 300 kata).
  3. Tujuan atau target spesifik yang akan dicapai sebelum dimulainya inovasi/kegiatan, program atau layanan (maksimal 150 kata).
  4. Langkah-langkah atau tahapan dalam pelaksanaan inovasi/kegiatan, program, atau layanan (maksimal 600 kata).
  5. Hasil inovasi/kegiatan, program, atau layanan yang terkait dengan keunggulan rumah sakit dalam mempromosikan mutu dan keselamatan pasien apakah ada perbaikan signifikan dan berkelanjutan (maksimal 600 kata).
  6. Khusus untuk kategori 1 : Kode Etik dan Perilaku Rumah Sakit dapat dilengkapi dengan data pendukung video singkat @3 menit atau foto dokumentasi maksimal 10 buah.
  7. Lampiran : surat pengesahan tentang tulisan tersebut yang ditandatangani oleh Direktur RS/Pimpinan RS, (format sesuai pengesahan di RS masing – masing).
  8. Setiap rumah sakit dapat mengikuti 1 (satu) atau lebih kategori Lomba
  9. Setiap rumah sakit hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) makalah dalam kategori yang sama, jika mengirimkan lebih dari 1 (satu) makalah, maka makalah yang dikutsertakan adalah makalah yang pertama diterima oleh panitia

KRITERIA PENILAIAN :
Setiap tulisan/makalah akan dinilai oleh Dewan Juri berdasarkan kesesuaian terhadap sistematika tulisan di atas; kesinambungan antara latar belakang, tujuan, langkah, dan hasil kejelasan penulisan, implikasi pada mutu dan keselamatan serta originalitas.

TAHAP PENILAIAN :

  1. Tahap 1 adalah tahap seleksi, meliputi : Kesesuaian terhadap ketentuan penulisan; kesinambungan antara latar belakang, tujuan, langkah, dan hasil; kejelasan penulisan; implikasi pada mutu dan keselamatan pasien serta originalitas.
  2. Tahap 2 adalah tahap final, meliputi : Kriteria tahap seleksi dan penjelasan saat presentasi

CARA PENDAFTARAN :
Seluruh peserta lomba diwajibkan membuat akun dengan cara sebagai berikut :

Untuk lebih detail, silahkan unduh dokumen cara penggunaan Platform SIAP pada link :
https://pusdatin.persi.or.id/public/file/manual_book_aktivasi_login.pdf

KETENTUAN LOMBA PERSI AWARD –MAKERSI AWARD

  1. Makalah yang pernah menjadi pemenang (juara 1) dari setiap kategori Lomba PERSI AWARD MAKERSI AWARD tidak dapat d ikutsertakan Kembali.
  2. Materi lomba bukan merupakan hak paten, dan boleh d implementasikan oleh rumah sakit lain tanpa harus meminta izin (sebagai bentuk sharing/pengetahuan/ide antar rumah sakit di Indonesia).
  3. Seleksi lomba melalui 2 tahap yaitu : tahap seleksi (untuk memilih 5 besar dari masing-masing kategori) serta tahap final untuk menentukan pemenang dan Runner Up.
  4. Seleksi lomba tahap 1 yaitu : Tahap seleksi (untuk memilih 5 besar dari masing-masing kategori) yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus- 2 September 2025.
  5. Peserta yang masuk ke tahap final akan d informasikan melalui surat/email dan telephone/WhatsApp mulai tanggal 3 – 6 September 2025
  6. Peserta yang masuk ke tahap final diminta melakukan presentasi dengan metode online / daring pada tanggal 13 September 2025.
  7. Tanggal 26 – 27 September 2025 PERSI akan memberikan penghargaan kepada beberapa finalis untuk mempresentasikan makalahnya dalam forum Seminar Nasional (side event); untuk hal tersebut Dewan Juri akan memilih beberapa topik yang akan dipresentasikan.
  8. Bagi peserta yang terpilih untuk mempresentasikan makalahnya, akan mendapatkan undangan dari panitia tanggal 15 September 2025 melalui Whatsapp atau Email.
  9. Pendaftaran lomba PERSI AWARD – MAKERSI AWARD tidak dipungut biaya.
  10. Bagi peserta yang masuk dalam tahap final (5 besar) dari setiap kategori dan diundang untuk hadir pada Seminar Nasional PERSI di ICE BSD City Tangerang, untuk biaya transportasi dan akomodasinya, menjadi tanggung jawab rumah sakit masing-masing.
  11. Keputusan panitia dalam melaksanakan dan penetapan pemenang tidak dapat diganggu gugat. Syarat dan ketentuan peserta PERSI AWARD – MAKERSI AWARD, secara lebih rinci dapat dilihat pada website PERSI : https ://www.persi.or.id dan dapat menghubungi Panitia Sekretariat PERSI melalui email : sekretariat@persi.or.id atau persiaward2022@gmail.com.
  12. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri. Peby melalui Hp/WhatsApp : 0812 1879 1331

PEMBERIAN PENGHARGAAN
Pemenang PERSI AWARD – MAKERSI AWARD 2025 akan diumumkan pada tanggal 27 September 2025 pada rangkaian acara Penutupan Seminar Nasional PERSI di Nusantara Convention Ha l 2 & 3 ICE BSD City Tangerang


POSTER SESSION
TEMA :
KESELAMATAN PASIEN DI SETIAP LANGKAH PELAYANAN
Upaya Rumah Sakit Dalam Memastikan Keselamatan Pada Setiap Proses Klinis

  1. Poster berisikan :

a. Profil singkat rumah sakit
b. Hasil kegiatan atau penelitian rumah sakit sesuai dengan tema Lomba Poster, seperti :

    • Tinjauan rumah sakit terkait serangkaian proses perawatan dan prosedur klinis mulai dari proses investigasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi dan pelayanan paliatif yang mengutamakan seluruh aspek keselamatan pasien.
    • Pengembangan sistem komunikasi efektif dalam mencegah terjadinya insiden keselamatan pasien
    • Penerapan langkah-langkah untuk mencegah cedera pada pasien selama mendapatkan perawatan di rumah sakit.
    • Mengembangkan strategi dalam membangun sistem untuk mengelola semua proses klinis yang berisiko sehingga memberikan hasil asuhan pasien yang aman.
    • Petunjuk tambahan:

Untuk substansinya dapat digunakan acuan sebagai berikut :

  • WHO – Global Patient Safety Action Plan 2021-2030, Strategi 3.1.: mengidentifikasi semua prosedur klinis yang berisiko dan mengurangi risikonya, dengan mempertimbangkan prioritas nasional dan lokal.
  • Petunjuk kegiatan oleh Rumah Sakit/Fasilitas Pelayanan Kesehatan :
    1. Menunjuk atau mengangkat petugas keselamatan pasien atau manajer risiko klinis di fasilitas perawatan kesehatan yang besar.
    2. Membentuk kelompok kepemimpinan klinis dalam organisasi untuk mengadaptasi dan mendorong prioritaspeningkatan keselamatan pasien nasional tahunan bersama dengan prioritas lokal untuk layanan klinis.
    3. Mengidentifikasi area layanan klinis utama yang memerlukan peningkatan keselamatan pasien yang terfokus berdasarkan prioritas kesehatan nasional dan lokal, kekritisan layanan yang diberikan, dan insiden keselamatan yang dilaporkan.
    4. Mengidentifikasi semua prosedur klinis yang rawan risiko dalam spektrum perawatan yang diberikan kepada pasien oleh organisasi dan mengembangkan paket tindakan untuk mitigasi risiko.
    5. Menerapkan prinsip dasar untuk manajemen mutu dan metode sains peningkatan untuk meningkatkan layanan dan hasil klinis.
    6. Menerapkan aktivitas manajemen risiko klinis untuk meningkatkan perawatan pasien, misalnya untuk mengatasi tromboemboli vena, jatuh dan luka tekan, identifikasi dan komunikasi pasien selama transisi perawatan.
    7.  Mempromosikan penggunaan prosedur operasi standar yang divalidasi secara lebih luas di semua area klinis dengan berkonsultasi dengan dokter.

c. Bukti Pendukung hasil capaian yang dapat berupa : foto, grafik, tabel dan lain-lain yang relevan

2. Lomba Poster Session ini terbuka untuk Rumah Sakit yang berdomisili di seluruh Indonesia, khususnya Rumah Sakit anggota PERSI.
3. Softcopy file pdf judul dan materi poster diterima oleh panitia paling lambat tanggal 18 Agustus 2025 melalui . https://bit.ly/Formulir-Pendaftaran-PosterSession-2025.
4. Penjurian tahap 1 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2025 untuk memilih 50 pemenang
Lomba Poster Session.
5. Lima puluh (50) Pemenang Lomba Poster Session tahap 1 diumumkan pada tanggal 30 Agustus 2025
6. Panitia Lomba Poster Session akan mengirimkan undangan kepada rumah sakit pemenang lomba untuk mengikuti Seleksi Final Penjurian Lomba Poster Session
7. Pemenang Lomba Poster Session tahap 1 membuat poster berukuran 90 x 180 cm dalam bentuk ro l up banner dengan ukuran font dapat dibaca dalam jarak 2 m
8. Pemenang Lomba Tahap 1 memajang poster di ruang Nusantara Convention Ha l 2 & 3 ICE BSD City Tangerang mulai tanggal 25 September 2025 pukul 08.00 WIB
9. Penjurian Tahap 2 Lomba Poster Session dilaksanakan pada tanggal 26 September 2025 pukul 09.00 – 12.00 WIB; pada saat penjurian, peserta/penanggung jawab Lomba Poster Session wajib memberikan penjelasan mengenai isi poster serta menjawab apabila ada pertanyaan dari Tim Juri.
10. Seluruh poster dapat disimpan kembali oleh peserta lomba/penanggung jawab dari masing-masing poster pada tanggal 27 September 2025 pukul 16.00 WIB.
11. Pemenang Final Lomba Poster Session akan diumumkan pada rangkaian acara penutupan Seminar Nasional PERSI XXI, Seminar Tahunan Patient Safety XIX dan Hospital Expo XXXVII pada tanggal 27 September 2025 di ICE BSD City Tangerang


SUSUNAN PANITIA


PENASEHAT
Prof. Dr. dr. Joni Wahyuhadi, Sp.BS(K)., MARS

PENANGGUNG JAWAB
dr. Bambang Wibowo, Sp.O.G, Subsp. K.Fm, MARS, FISQua

STEERING COMMITTEE

Ketua :
dr. Agus Suryanto, Sp.PD-KP, MARS, MH
Sekretaris :
1. dr. Tengku Djumala Sari, MMRS
2. Novita Sari Tri Utamy Pamungkas, SKM
Anggota :
1. Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto, SH, MSi, Sp.FM. Subsp.EM(K), DFM
2. dr. Tri Hesty Widyastoeti, Sp.M, MPH
3. dr. Koesmedi Priharto, Sp.OT, M.Kes
4. dr. Mohammad Ali Toha, MARS
5. dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes
6. dr. Nico A. Lumenta, K.Nefro, MM, MH.Kes, FISQua
7. dr. Kalsum Komaryani, MPPM
8. dr. Asih Eka Putri, MPPM, MM
9. dr. Daniel Budi Wibowo, M.Kes
10. Laksma TNI Dr. dr. R.M. Tjahja Nurrobi, M.Kes, Sp.OT (K) Hand
11. Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua
12. Dra. Engko Sosialine Magdalene, Apt, M.Biomed
13. Anis Fuad, S.Ked, DEA

ORGANIZING COMMITTEE
Ketua :
dr. Rachmat Mulyana Memet, Sp.Rad

Sekretaris :
1. dr. Tengku Djumala Sari, MMRS
2. Novita Sari Tri Utamy Pamungkas, SKM

Bendahara :

1. Ni Made Anita Susan, SE
2. Pebriyana, SE

SIE ACARA DAN ILMIAH
Koordinator : dr. Yanuar Jak, Sp.OG, MARS, PhD, FISQua, MPM, CLC, CDMP, CFRM,CHt, CHMed
Anggota :
1. Aliyus Kusumaningrum, SKM, MPH
2. dr. Nani H. Widodo, Sp.M, MARS, FISQua
3. Dr. drg. Masyitoh Basabih, MARS
4. Mardalena, S.Sos, MARS

SIE SPONSORSHIP, PUBLIKASI DAN MARKETING
Ketua :
dr. Dini Handayani, MARS, FISQua
Anggota :
1. dr. Pradono Handojo, MBA, MHA
2. Dra. Engko Sosialine Magdalene, Apt, M.Biomed
3. Apt. Dra. R. Dettie Yuliati, M

SIE WORKSHOP
Ketua :
dr. Ayi Djembarsari, MARS, FISQua
Anggota :
1. dr. Arjaty Wahidah Daud, MARS, FISQua, CERG, QRGP, QRMA, CGRCP
2. Dr. Didin Syaefudin, SKp, SH, MARS, FISQua
3. Inggit Fatmawati, SE., MM.
4. Desy Yuslinawati, AMd

SIE PERSI AWARD – MAKERSI AWARD
Ketua :
dr. Kalsum Komaryani, MPPM
Anggota :
1. Ns. Andi Amalia Wildani, S.Kep, M.Kep
2. drg. Farichah Hanum, M.Kes
3. Costy Pandjaitan, CVRN, SKM, MARS, PhD, CPRM, CPLM, CPPS, CIPP, FISQua
4. Pebriyana, SE

SIE POSTER SESSION
Ketua :
dr. May Hizrani, MARS, FISQua, CHAE
Anggota :
1. dr. Amelia Martira, Sp.An, SH, MH
2. Dr. dr. Santi Anugrahsari, Sp.M, M.Sc, CPCCP, CHAE, FISQua

SEKRETARIAT
Tim Sekretariat PERSI Pusat

Lampiran :