LATAR BELAKANG
Sejak digaungkannya konsep Patient Safety yang merupakan salah satu upaya menjaga mutu pelayanan kesehatan berdampak terhadap perubahan dalam pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat. Lahirnya UU No.44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit yang didalamnya memuat pasal kewajiban seluruh rumah sakit untuk menerapkan keselamatan pasien yang diperkuat dengan PMK 11 tahun 2017 juga berperan besar dalam perubahan pola layanan kesehatan. Disisi lain tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengakibatkan banyak masyarakat yang berpendidikan dan menguasai informasi menuntut untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas. Perlu dilakukan transformasi dalam sistem pelayanan kesehatan untuk memberikan pelayanan berfokus pada pasien dan pemberian asuhan pasien yang aman sehingga pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi indikator keberhasilan dari Manajer dan Pimpinan Rumah Sakit
Secara rutin rumah sakit telah menerapkan Keselamatan Pasien melalui 4 prinsip Keselamatan Pasien sesuai PMK No. 11 tahun 2017 yaitu: Standar Keselamatan Pasien, Sasaran Keselamatan Pasien, Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien, Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien. Tahap berikutnya adalah meningkatkan penerapan Keselamatan Pasien melalui asesmen khusus menggunakan Kriteria Kritis Rumah Sakit Ramah Keselamatan Pasien (RSRKP) yang bersumber dari Patient Safety Friendly Hospital Initiative – Patient Safety Assessment Manual 3rd edition, 2020.
Pihak manajemen rumah sakit tidak berhubungan langsung dengan pasien, akan tetapi regulasi, kebijakan dan sistem yang dibuat di fasilitas pelayanan kesehatan akan mempengaruhi hubungan antara pasien dan penyedia layanan kesehatan. Mereka memiliki dua peran utama dalam mengembangkan pelayanan yang berfokus pada pasien Patient Centered Care ( PCC ) yaitu membuat kebijakan, dan membangun sistem yang mendukung PCC.
The Institute of Medicine (IOM) mendefinisikan Patient Centered Care adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang menciptakan hubungan kerjasama yang baik diantara praktisi kesehatan, pasien, dan keluarganya (jika diperlukan) untuk menjamin bahwa keputusan yang dibuat menghormati keinginan pasien, kebutuhan pasien, pilihan pasien, menjamin pasien mendapatkan pengetahuan serta mendukung pasien untuk mengambil keputusan dan berpartisipasi dalam perawatan mereka sendiri
Workshop ini diharapkan dapat membantu manajer Kesehatan dalam memahami konsep Patient Centered Care (PCC) dan bagaimana menerapkannya di rumah sakit.
TUJUAN KEGIATAN:
a. Tujuan Umum :
Mendorong lahirnya paradigma baru dalam pelayanan Kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien dan pemberian pelayanan berfokus pada pasien di rumah sakit seluruh Indonesia.
b. Tujuan Khusus :
- Peserta diharapkan dapat memahami dan mampu menerapkan konsep Patient Centered Care (PCC) di rumah sakit.
- Meningkatnya pemahaman para praktisi Rumah Sakit terhadap program keselamatan pasien
- Meningkatnya perubahan pola layanan kesehatan di rumah sakit.
- Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan praktis tentang Keselamatan Pasien.
- Rumah sakit diharapkan bukan lagi menerapkan keselamatan pasien tetapi bertransformasi dan menjadikan rumah sakit ramah keselamatan pasien (Patient Safety Friendly Hospital).
KRITERIA PESERTA :
a. Sasaran :
- Direktur dan Pemilik RS
- Komite Medis
- Komite Mutu dan Keselamatan Pasien RS
- Bidang Keperawatan
- Bidang Pelayanan Medis
- Bidang Penunjang Medis
- Supervisor Keperawatan
- Instalasi : Rawat Inap, Gawat Darurat, ICU, Bedah Sentral
- Instalasi Farmasi
- Instalasi Laboratorium Klinik
- Instalasi Radilogi dan Radio Terapi
- Seluruh Nakes dan Named
- Pemerhati Kesehatan
b. Target Peserta : 60 Orang
FASILITATOR
- dr. Nico Lumenta, K.Nefro, MM, MH.Kes, FISQua, CRP, MQM,CHAE, CPCCP, CHCM (USA)
- dr. Tri Hesty Widyastoeti, Sp.M, MPH
- dr. Yanuar Jak, SpOG.MARS. PhD. FISQua, MPM, CLC, CDMP, CFRM.CH.T, CH Med
- dr. Amelia Martira, Sp.An-TI, S.H., M.H, IBCLC
- Dr. Rita Sekarsari, SpK, Sp.KV, MHSM, MH, FISQua
- Dr. dr. Santi Anugrahsari, Sp.M, M.Sc, CPCCP, CHAE, FISQua
JADWAL KEGIATAN
Hari / Tanggal : Kamis – Jum’at, 11 – 12 Desember 2025
Waktu : 07.00 – 17.00 Wib
Tempat : Hotel Aryaduta Menteng Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 44-48 Jakarta 10110
BIAYA INVESTASI WORKSHOP PER PESERTA
- Paket A Rp. 5.250.000, (Akomodasi menginap 2 malam 1 kamar 1 orang)
- Paket B Rp. 4.475.000, (Akomodasi menginap 2 malam 1 kamar 2 orang)
- Paket C Rp. 3.700.000, (Tanpa menginap di hotel)
CARA MENDAFTAR DAN MEMBAYAR
- Daftarkan diri melalui registrasi online pada link berikut : https://bit.ly/Formulir-PendaftaranWS-RSRKP-2025 masing-masing peserta wajib mengisi nama lengkap dan gelar untuk sertifikat, (sesuai akun LMS) alamat e-mail yang aktif, No. HP dengan WhatsApp aktif, RS/Instansi/Organisasi, jabatan; dan mohon peserta dapat langsung bergabung melalui link whatsApp group setelah selesai mengisi form pendaftaran
- Lakukan pembayaran dengan cara transfer melalui Bank Mandiri Rek No.120.0001061972 a.n. PERSI-PB;
- Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri. Pebriyana (HP. 0812 1879 1331)
- Pembatalan : bagi peserta yang sudah mendaftar bilamana berhalangan hadir mohon melakukan pembatalan H-3 (jika pembatalan hari H maka harus membayar biaya paket meeting pada hotel tempat acara sesuai biaya yang telah ditentukan) serta jika sudah melakukan pembayaran, bilamana berhalangan hadir, dan memberitahukan pembatalan setelah tanggal 8 Desember 2025 (H-3) maka biaya tidak dapat dikembalikan.
FASILITAS WORKSHOP
- Mengikuti workshop selama 2 hari
- E-Sertifikat SKP Kemenkes RI
- Softcopy materi
- Snack, lunch
- Kit Workshop
PANITIA
- dr. May Hizrani, MARS, FISQua, CHAE
- Pebriyana, S.E
KERJASAMA DAN NARAHUBUNG
Kegiatan Workshop Implementasi Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) di Fasyankes bekerjasama dengan Pusdiklat PKU Muhammadiyah sebagai Lembaga Terakreditasi “A” Ditmutu Kementerian Kesehatan RI dengan Nomor SK : HK.02.02/F/3955/2024 Kontak Person : Sdr. Pebriyana (0812-1879-1331) Pusdiklat PKU Muhammadiyah : Admin (0821-1787-2760)
PENUTUP
Demikian Kerangka Acuan Kegiatan Workshop Transformasi Rumah Sakit Menuju Rumah
Sakit Ramah Keselamatan Pasien (Patient Safety Friendly Hospital) kami sampaikan. Atas
perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.


