Makalah PERSI Award – MAKERSI Award Tahun 2025

KATEGORI 1 : KODE ETIK DAN PERILAKU RUMAH SAKIT

  1. RSUD Aji Barang : PETTRUK – Pelapran Pelanggaran Ettik dan Disiplin Staff Rumah Sakit
  2. Penyelesaian Kasus Tindak Pidana Kekerasan Seksual yang Dilakukan oleh Peserta Didik di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung: Implementasi SOP dan Kolaborasi Multipihak
  3. Efektivitas Pertemuan Komite Medik dalam Peningkatan Kendali Mutu dan Kendali Biaya di Rumah Sakit Umum Rizki Amalia Medika
  4. RSUP Prof Dr IGNG Ngoerah Denpasar – Etika Kinerja DPJP Menuju Capaian Disposition Time Pelayanan Gawat Darurat
  5. Integritas ASN RSJ Mutiara Sukma melalui Kode Etik Rumah Sakit Indonesia (KODERSI) Pilar Utama Raih WBB
  6. RS Persahabatan: Menanam Standar Etika Penelitian Kesehatan, Menuai Kepercayaan: Budaya Kode Etik Rumah Sakit yang Berdayaguna dan Bermartabat
  7. Optimalisasi Mitigasi, Monitoring, Evaluasi Etik dengan ROADSHOW (Real-time Observation and Assessment on Ward Services for Hospital Ethics Oversight & Wisdom) Komite Etik dan Hukum RS di RSD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang
  8. RS Islam PDHI – Penguatan Budaya Etik dan Hukum Rumah Sakit Melalui Gerakan JAWIL JONDIL
  9. RS Dr Kariadi Semarang – SIPETIK: Whistle Blowing System dalam Pengaduan Etik
  10. RS Pusat Pertamina : Implementasi Manajemen Handling Complaint dan Penyelesaian Sengketa Medis di Rumah Sakit: Upaya Mewujudkan Pelayanan Kesehatan yang Responsif dan Berkualitas
  11. Penegakan Code of Conduct SDM di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin melalui “SIKAP ELOK”
  12. Pemanfaatan Aplikasi Terintegrasi “PANDEMI MOLA (PenanganAN Dilema Etik MedIs MOnggo LApor)” Sebagai Bagian Penegakan Kode Etik Rumah Sakit di RSUD RT Notopuro Sidoarjo
  13. Peran Kolaboratif KEHRS dalam Menangani Pelanggaran Etik dan Perilaku Karyawan dengan Pendekatan Just Culture di Rumah Sakit “JIH” Purwokerto
  14. RS Universitas Indonesia – Mengurai Konflik, Menegakkan Etik, Model Penyelesaian Sengketa Medis terintegrasi di RS Universitas Indonesia Program RESOLUSI
  15. RS Soeradji Tirtonegoro – Zero Bullying Environment Inovasi Pencegahan Perundungan Peserta Didik Berbasis Kode Etik di RS Soeradji Tirtonegoro Klaten

KATEGORI 2 : CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

  1. RSD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang “MAS TADIN SULTAN MATARAM” Rumah Sakit Tanpa Dinding Sebagai Pusat Layanan Konsultasi, Terapi dan Rehabilitasi Kesehatan Mental Remaja untuk Tingkatkan Generasi Emas Kota Semarang
  2. RS Pendidikan UNHAS – Medical Check-Up (MCU) Goes to Campus : Pionir Layanan Get Easy Onsite Education and Screening di Lingkungan Akademik
  3. RSJ Mutiara Sukma – Psikolog Goes To School (PGTS): Sekolah Hebat Dimulai Dari Jiwa Yang Sehat
  4. RSUD dr. Soeratno Gemolong – Inovasi HEBAT Layanan Homecare, Telemedicine, dan Sobat (Sahabat Antar Obat).
  5. RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah “SIGAP JIWA PANTAS MELINTAS” (Sistem Gerak Cepat Penanganan Pasien Jiwa Terlantar Tanpa Identitas Melalui Kerjasama Lintas Sektor)
  6. Program Pemberian Makanan Gratis “PERI MANIS” RSUD KRT. Setjonegoro Wonosobo
  7. Optimalisasi Bantuan Sosial Untuk Pasien Tidak Mampu di RSUD PROVINSI NTB Melalui Aplikasi Lapor MPP
  8. KADER CARE: RSU RAM Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Kader dalam Mendampingi Ibu dan Anak di Wilayah Binaan
  9. KITA BEJO (Komunitas Tangan di Atas Bersedekah Bersama RSUD RT. Notopuro Sidoarjo)
  10. RS JIH Yogyakarta Pembangunan dan Pemasangan Instalasi Listrik di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta
  11. MPF Samaritan Mission Menjangkau yang Jauh, Merawat yang Terlupa: Program Pengabdian Masyarakat RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang
  12. Implementasi Corporate Social Responsibility Berbasis Syariah : Pengelolaan Zakat Penghasilan Karyawan RS YARSI untuk Dukungan Pasien Tidak Mampu
  13. “SIGAP MANTAP” Sistem Gerak Administrasi Pasien untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan RSUD Ajibarang Kabupaten Banyumas
  14. RSUD Sinjai – INOVASI IKAN LELE (Informasi Kesehatan Melalui Leaflet Elektronik)
  15. RSUD Genteng – SAMPING HATI (Sabtu Mendampingi ODHA Sepenuh Hati)
  16. Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Celah Langit-langit di RS Sari Asih Serang (2018-2025) : Keselamatan Pasien, Tanggung jawab Etik dan Philanthropi berkelanjutan pada Program CSR
  17. RS Wahidin Sudiro Husodo Ketika Hobi Jadi Obat, Duka Tergantikan Oleh Harapan
  18. RS Soeradji Tirtonegoro – MENJAGA DUA NYAWA, MENGUATKAN LINI TERDEPAN “Program CSR Rumah Sakit untuk Puskesmas Siaga Maternal-Neonatal”
  19. Gambaran Kadar HBA1C Pada Penderita Diabetes Melitus di RSU Rizki Amalia Medika
  20. RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Awam dalam rangka mendukung gerakan Ngopeni Nglakoni Jawa Tengah.
  21. RS Islam Boyolali – SINERGI – PEDULI Kebaikan Hatimu Selamatkan Hidupku:” Kolaborasi dalam Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Pasien Tidak Mampu
  22. RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kab. Wonogiri – Bantuan Sosial RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), Bantuan Air Bersih dan Pemberian Susu Tinggi Protein
  23. Rumah Sakit Nirmala Suri – NIRMALA CARES (Community, Awareness, Responsibility, and Empowerment on Stunting)
  24. RSU Rizki Amalia Medika – Optimalisasi Nursecall Menggunakan Rangkaian Control Direct On Line (DOL) untuk Meningkatkan Aksebilitas Pelayanan Rawat Inap
  25. RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah – Penguatan Kemitraan dan Pengetahuan Kesehatan Masyarakat Rentan dan Beresiko Tahun 2024-2025
  26. RSJ Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor – Youth Mental Health Center We see you, We hear you, We are here for you
  27. RS Hermina Depok – Pelatihan Pengemudi dan Pendamping Ambulans Gawat Darurat: Strategi Menunjang Sistem Rujukan Medis yang Aman
  28. Implementasi Corporate Social Responsibility Berbasis Syariah : Pengelolaan Zakat Penghasilan Karyawan RS YARSI untuk Dukungan Pasien Tidak Mampu
  29. RS Queen Latifa Yogyakarta – Edukasi Melalui E-Talqin Tingkatkan Pemahaman Keluarga Pasien Muslim dalam Pendampingan Pasien Terminasi Meraih Husnul Khotimah
  30. Petualangan Sehat Si Kecil dan Sahabat Sehatku (Dampak Storytelling Pada Pasien Anak Usia 3-8 Tahun Diruang Perawatan RS Premier Jatinegara)
  31. RS Akademik Universitas Gadjah Mada – Gemah Ripah Loh Jinawi
  32. Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Rumah Sakit Puri Medika Jakarta Utara dalam Peningkatan Kegiatan Masyarakat Kurang Mampu
  33. UMS RSGM Soelastri – Kegiatan Tahunan Operasi Celah Bibir dan Celah Lelangit
  34. “JABATERAT” RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Untuk Masyarakat Yang Lebih Sehat dan Bermartabat
  35. RS UMMI Bogor melalui CSR “Kapal Kebaikan untuk Generasi Hebat dan Sehat”
  36. RS Sekarwangi Sukabumi – RAKSABIMA (Rangkaian Aksi Sekarwangi Atasi Bencana Terintegrasi Mobile Application) Optimalisasi Manajemen Bencana di Fasilitas Kesehatan Melalui Integrasi AI dan WhatsApp
  37. RSUP JAYAPURA TULUS (TelekonsULtasi Untuk Semua)
  38. RSIJ Cempaka Putih – Menebar Manfaat, Menjaga Keselamatan : Ketika ZIS Pegawai menjadi Penyelamat Pasien
  39. RSUD Dr. Soetomo dalam Mengatasi Peningkatan Pesat Kasus Alergi Anak Nasional Akibat Perubahan Iklim
  40. RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta – Inovasi Pelayanan Berkelanjutan: Strategi Peningkatan Mutu Asuhan Gizi Paliatif Melalui Program Home Care dan Regenerasi Nutrisionis
  41. RSUP Dr. Kariadi Semarang – BHEKTI (Berantas Hepatitis B dan Kanker Hati) untuk Indonesia
  42. RSUP Dr. Hasan Sadikin (RSHS) Menuju Cirebon: Sebuah Pengabdian pada Masyarakat
  43. RS Mata Achmad Wardi BWI-DD – GERAKAN BANTEN MELIHAT Cahaya Wakaf, Mengubah Kebutaan Menjadi Kekuatan
  44. RS NU Tuban – Merangkai Kisah Indah di Masa Depan Perlindungan Sosial Masyarakat Rentan
  45. RS Islam Gunungkidul – QURBAN FOR STUNTING: Inovasi CSR Melalui Pendekatan Public-Private Partnership
  46. RS Hermina Depok – Kru Ambulans Terlatih: Kunci Rujukan Medis Aman
  47. RS Premier Surabaya – Program Rekonstruksi Bibir Sumbing dan Lelangit dalam Tumbuh Kembang Anak
  48. Kado Sehat dari IHC RSPP dalam Rangka HUT Ke 53 Khitanan Massal Gratis Penuh Berkah
  49. RS. Mata YAP Yogyakarta – Jendela Dunia Untuk Si Kecil Cegah Gelap, Terangi Harapan
  50. RS Universitas Indonesia – Integrasi Layanan Berbasis Komunitas untuk Pasien TB Resisten Obat Pembelajaran dari Program SIGAP TB RSUI
  51. Membangun Masyarakat Sehat dari Hulu ke Hilir: Kontribusi CSR Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI melalui Program Bakti Sosial Kesehatan Reproduksi Berkelanjutan
  52. Hubungan Suhu Ruan dan Akustik Alat Terhadap Kualitas Tidur Pasien di ICU (Intensive Care Unit) RSU Rizki Amalia Medika
  53. Primaya Hospital – No Benjolan, No Worries: Bakti Sosial Operasi Pengangkatan Benjolan di Bawah Kulit
  54. RS Santo Borromeus – SEHATI (Standarisasi Edukasi keseHAtan TerIntegrasi) Terhadap Aktivasi Pasien Diabetes Melitus dan Hipertensi
  55. RSIGM Sultan Agung – PELUK Peduli Lelangit dan Sumbing Untuk Kemanusiaan “Bringing Smiles, Building Futures”
  56. RS Paru Goenawan Partowidigdo, Cisarua Bogor – Transformasi Praktik Keperawatan Onkologi: Penerapan Ebn Untuk Mengatasi Dampak Negatif Kemoterapi
  57. RSU PKU Muhammadiyah Delanggu – Program Bantuan iuran BPJS Kesehatan, Bakti Sosial dan Khitanan Massal

KATEGORI 3 : GREEN HOSPITAL

  1. Tata Grha Dalam Genggaman Transformasi Digital dalam Pengelolaan Fasilitas untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya, Kecepatan, dan Kualitas Layanan Tata Grha Rumah Sakit “JIH” Purwokerto.
  2. RSUD Genteng – PETIK DAUN (Pengelolaan Limbah Domestik dengan Sistem Ekonomi Sirkular di Lingkungan Rumah Sakit)
  3. MONITORING BANJIR PENCEGAH AIR – Pencegahan Terjadinya Banjir Di Area Pelayanan RS Islam Jakarta Cempaka Putih
  4. RS NU Tuban – Air Tuba Yang Menjadi Susu Upaya Pemanfaatan Limbah Rumah Sakit untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan
  5. RSUD R.T Notopuro Sidoarjo – SEJUK POL (Sudut Ekologi Jadi Upaya Kurangi POLusi)
  6. RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro – SOERADJI ECOCRAFT
  7. RS Bethesda Yogyakarta – “Sampah Tuntas, Lingkungan Sehat, Masa Depan Hebat”
  8. RSU Islam Boyolali – Eco-Friendly Waste Management : Solusi Mengurangi Dampak Lingkungan dengan Pengolahan Kompos dan Budidaya Ternak Lele
  9. RSUD Ajibarang – Miracle Garden Heal – Taman Ajaib Penyembuhan
  10. Efisiensi Pengelolaan Limbah Makanan Dengan Pembuatan Loseda di RS PKU Muhammadiyah Wonosobo
  11. Primaya Hospital – Sustainability Run : Lari Bersama demi Planet Bumi
  12. RS Prof. Dr.I.G.N.G Ngoerah Denpasar – Rancang Bangun SELF-TIME INFLATABLE ANTI DEKUBITUS PILLOW (SIADAP) dengan Material Re-use untuk Mendukung Konsep Green Hospital
  13. Manfaat Ekonomi, Ekologi dan Sosial Penerapan Desain Green Hospital In The Garden pada Gedung Respirasi Ibu dan Anak di Rumah Sakit Persahabatan
  14. Pemanfaatan Air Limbah (Greywater Recycling) Untuk Efisiensi Pemakaian Air di Mayapada Hospital Bandung
  15. Aplikasi Pacsindo Turunkan Penggunaan Film Rontgen di Radiologi RSU Queen Latifa
  16. Penerapan Green Hospital Sebagai Upaya Implementasi Sistem Manajemen Lingkungan di Rumah Sakit Columbia Asia BSD
  17. Efisiensi Fantastis dari Inovasi Program 3R (Reuse, Reduce, Recycle) Pada Pengelolaan Limbah di Rumah Sakit Krakatau Medika
  18. RS Hermina Depok – Dari Limbah Jerigen Hemodialisa Menjadi Solusi Hijau: Pengelolaan Limbah B3 dalam Konsep Green Hospital
  19. Implementasi Program Isi Ulang Botol Gel USG Sebagai Strategi Pengurangan Limbah Plastik dalam Mendukung Green Hospital di RS Premier Jatinegara
  20. Merah Putih di Taman Lestari: Menghijaukan Semangat Merdeka Melalui Lomba Taman Sebagai Sarana Edukasi Green Hospital di RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang
  21. RSUD Jampangkulon – JUMAT BERSINAR (Jumat Bersih dan Menanan Ramai-Ramai)
  22. Heating, Ventilation and Air Conditioning System Energy Efficiency in Building Sustainable Hospital Climate Resilience – Solusi Inovatif menuju Green Hospital di Mayapada Hospital Surabaya
  23. Efektivitas Sistem Elektronik Discharge Inpatient dalam Mempercepat Proses Discharge Pasien Pulang Studi Kasus di RS Premier Jatinegara
  24. SMART Waste Forecasting: Sistem Prediktif Timbunan Limbah untuk Efisiensi Pengelolaan Limbah di RSUI
  25. Program Inovasi Teknologi Konversi BBM Solar Menjadi Gas Lpg Untuk Operasional Boiler RSUP. Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar
  26. Pemanfaatan Sampah Bahan Makanan Untuk Pembuatan Eco Enzyme dan Pakan Ternak dalam Mewujudkan Green Hospital RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri
  27. Program “Healthy Hospital, Healthy You”: Dampak Positif Penggunaan Ramp Terhadap Penghematan Energi dan Kebugaran Fisik Karyawan di Rumah Sakit YARSI
  28. PUpuk dan SAbun ramah lingKungAn (PUSAKA) dalam kegiatan vokasional rehabilitan pada rehabilitasi psikososial di RSJ Mutiara Sukma
  29. RS UMMI Bogor – FRESH: Fostering Regreen for Environmental Sustainability in Healthcare
  30. Patient Safety Meets Sustainability: Inovasi 3R dan UCO di RS Pusat Pertamina
  31. Strategi Pengendalian Lingkungan: Penerapan Program 5R Berbasis Lean Six Sigma di Siloam Hospitals Surabaya Tahun 2024
  32. Pengaruh Penggunaan Ecoenzyme Terhadap Kualitas Air Limbah Rumah Sakit Hermina Solo
  33. RSUP Dr. Kariadi Semarang – Inovasi EMPING (Efisiensi Makan siang PasIen pulaNG H-1)
  34. Inovasi Pemanfaatan Hasil Pengolahan Air Limbah Untuk Air Flushing Closet : Strategi Green Hospital Menuju Efisiensi Operasional di Charitas Hospital Km.7
  35. Pemanfaatan Pangan Lokal Sebagai Konsumsi Rapat dalam Upaya Efisiensi Biaya dan Penerapan Hidup Sehat di RSU Rizki Amalia Medika
  36. Kegiatan Mengolah Sampah Organik menjadi Eco Enzym (MAS ECO) di RSD KRMT Wongsonegoro Pemerintah Kota Semarang
  37. Strategi Hemat Biaya dalam Pengelolaan Lumpur Ipal : Optimalisasi Ovenisasi di Rumah Sakit Mata Dr. Yap Kota Yogyakarta
  38. Rumah Sakit Dian Harapan Jayapura Dalam Konteks Green Hospital
  39. Dari Limbah Menjadi Berkah: Langkah Nyata RS PHC Menuju Rumah Sakit Hijau
  40. RSUD Dr. Soetomo Surabaya – Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) RUMAH LESTARI (Raih Untung Memilah SampAH Lingkungan Sehat RESik TertaTA RapI)
  41. Soeharso Green Smart Healing: Integrasi Energi Bersih, Zero Waste, dan Healing Garden untuk Pemulihan Pasien dan Kenyamanan Pengunjung Berkelanjutan
  42. RS Kanker Dharmais : Efisiensi Pemakaian Air Melalui Daur Ulang Air Hujan dan Grey Water
  43. Alternatif Safety Box dari Limbah Jerigen Hemodialisa Upaya Penghematan Jutaan Rupiah RS Jiwa Dr. H Marzoeki Mahdi Bogor

KATEGORI 4 : HEALTH SERVICES DURING CRISIS

  1. Integrasi Sistem Mitigasi Risiko Overcrowding Menggunakan Modifikasi CEDOCS di IGD RSPP
  2. Program Campus Rapid Respond: Inovasi Jejaring First Responder & Edukasi BHD Masyarakat Kampus di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar
  3. Efektivitas Double Check Verifikasi Berkas Terhadap Penurunan Angka Klaim Pending BPJS Bulan Oktober 2024 di RSU Rizki Amalia Medika
  4. Pain Kit Sebagai Pilihan Tatalaksana Terapi Non Farmakologi Pada Pasien Paska Operasi Dengan Keluhan Nyeri – Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru
  5. Optimalisasi Peran Pelayanan Kesehatan dalam Menghadapi Krisis Kesehatan Mental: Studi Bimbingan Rohani untuk Penurunan Depresi dan Kecemasan menggunakan HADS Score pada Pasien Rawat Inap RS YARSI
  6. RS Bethesda Yogyakarta – Terapi Es (Cryotherapy) dan Latihan Peregangan untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien dengan Spastik
  7. Pemanfaatan “Simpati” Sistem Informasi Manajemen Pengendalian Resistensi Antimikroba dalam Pencegahan Terjadinya Krisis Kesehatan Akibat Resistensi Antimikroba di RS. Wahidin Sudirohusodo Makassar
  8. Percepatan Pelayanan Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Soetomo Melalui Pengembangan Kewaspadaan Kolektif Turn Around Time Antar Titik Pelayanan (TaTaTap)
  9. RS Persahabatan Pengampuan Respirasi dan TB Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kesehatan Menuju Eliminasi TBC Tahun 2030
  10. Siloam Hospital Group Penerapan Nursing Teknologi Call For Help dalam Menurunkan Waktu Tunggu Pasien Transfer dari Emergency Departement
  11. RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta Breaking the Crisis Barrier: Rapid Fracture Management through the Emergency Response Time
  12. Pemeriksaan Sterilitas Peralatan Medis Berdasarkan Usia Penyimpanan dan Packing di Unit CSSD RSU Rizki Amalia Medika
  13. RS Nirmala Suri – CT SCAN (Chest Therapy: Safe and Spesific, Continuous and Colaborative, Acceptable, Non pasive)
  14. Efektifitas Stability And Workload Index For Transfer (Swift) Score di ICU Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung
  15. Nursemedict: Kamus Medikasi Digital, Solusi Krisis Informasi Pencegahan Phlebitis dan Ekstravasasi di ICU RS Sardjito
  16. Pemanfaatan Aplikasi “Hospital Code” dalam Sistem Kesiapsiagaan Bencana di Rumah Sakit Umum Daerah R.T. Notopuro Sidoarjo
  17. RSUD Sekarwangi – Early Warning Alert & Response System (EWARS)
  18. RS Soeradji Tirtonegoro – MBA UPIC (Manfaat Penerapan Bantal Angin untuk Pasien PICU)
  19. RSUI – 360 Indeph: Implementation of Disaster Management Program in Hospital
  20. UMMI Cepat Aman Responsif Emergency “Optimalisasi Layanan ambulance Online RS UMMI untuk Pelayanan Cepat dan Sigap di Masa Krisis”
  21. RSJ Mutiara Sukma – PEMANIS PASTI (Pertolongan Pertama Psikologis Pasca Trauma Krisis)
  22. Pelayanan Kesehatan dalam masa Krisis: Studi Kasus akibat perundungan dan Dampak Kepercayaan Publik di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung
  23. RS Mata dr. YAP Yogyakata – Inovasi SILAPAK (Sistem Pelaporan Penyakit Akibat Kerja) Langkah Nyata dalam Mencegah Dampak Penyakit Akibat Kerja
  24. MAS PUGUH DAHAR UBI (Masa Kadaluwarsa Pouches dari Tiga Puluh Hari Menjadi Enam Puluh Hari Berdasarkan Uji Bakteriologi di RSD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang)
  25. Transformasi Merespons Overcrowding: Strategi Kolaboratif RSUP Dr. Kariadi
  26. RSU Rizki Amalia Medika – Musik Sebagai Intervensi Psikologis dalam Mengatasi Kecemasan Pasien di Ruang Tunggu
  27. RSUP Prof Dr IGNG Ngoerah Denpasar – Put on your ARMOR: Fight ESBL, use cephalosporin wisely
  28. RSUD Ajibarang – Layanan Gawat Darurat Rumah Sakit Terintegrasi (LARASATI)
  29. Modifikasi Desain Laboratorium Klinik RSUP Fatmawati Untuk Meningkatkan Kapasitas Layanan Dalam Masa Pandemi
  30. Transformasi Pelayanan Melalui Digitalisasi Sistem Antrian dan Telekonsultasi: Inovasi RS Puri Medika dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Masa Krisis Kesehatan
  31. Sistem Intensive Terintegrasi (SITERA) dalam Menghadapi Peningkatan Pasien Kritis dan Efisiensi di ICU RSIY PDHI
  32. RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung – Portofolio Inovasi Program Pengendalian Resistansi Antimikroba, Aplikasi SIMANTAP
  33. Hospital Pengaruh Kepatuhan Penggunaan Clinical Pathway (CP) dan Lama Perawatan Terhadap Efisiensi Biaya Pada Pasien Sectio Caesarian (SC) di Rumah Sakit Edelweiss Bandung
  34. You Will Never Walk Alone: Aplikasi Model Preseptorship Pada Orientasi Perawat Baru Untuk Mempercepat Integrasi, Mempermudah Adaptasi dan Mengurangi Tantangan Emosional Awal Bekerja Di RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang Tahun 2025

KATEGORI 5 : HEALTHCARE WORKERS’ WELLBEING

  1. Lightweight Challenge: Program Penurunan Berat Badan bagi Pegawai UOBK RSUD Jampangkulon Provinsi Jawa Barat
  2. Sistem Informasi Pemeriksaan Kesehatan Pegawai (SIPEKA) di RSUD R.T Notopuro Sidoarjo
  3. Body Fit Challenge Kompetisi Peningkatan Kesehatan dan Performa Kinerja Karyawan Rumah Sakit Panti Rapih
  4. You Will Never Walk Alone: Aplikasi Model Preseptorship Pada Orientasi Perawat Baru Untuk Mempercepat Integrasi, Mempermudah Adaptasi dan Mengurangi Tantangan Emosional Awal Bekerja Di RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang Tahun 2025
  5. RS Kariadi Semarang – “HAPPY HOSPITAL” Strategi No Burnout untuk Menciptakan Budaya Kerja Positif Bagi Tenaga Kesehatan
  6. PHC Care For Caregivers: Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja Untuk Layanan Optimal
  7. Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah BU KERTI PRODUSEN DAWAI (Budaya Kerja Efektif-Proaktif Tingkatkan Produktivitas Dan Kesejahteraan Hidup Pegawai)
  8. RS Pusat Pertamina – Strategi Holistik Peningkatan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien Melalui Program Wellbeing Berbasis MCU Berkala, Pelatihan Patient Experience, dan Internaliasi Nilai Akhlak–RWP
  9. RSUP Jayapura – TimTastic Penguatan Corevalue BerAKHLAK Melalui Permainan
  10. Sobat Sejahtera Soeharso, Bekerja Sehat dan Bahagia di RSO Soeharso
  11. Caring For Caregivers: Sinergi Program Cek Kesehatan Gratis dan Medical Check Up (MCU) Pegawai di RSUD Prof. Dr. Margono Provinsi Jawa Tengah
  12. E-K3 Sebagai Upaya Meningkatkan Tingkat Kesehatan Pegawai di RS Soerojo Magelang
  13. Peran ImplementasiAwas (Awareness Safety) Culture For Our Future “dalam Mengurangi Tingkat Kecelakaan Kerja di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.
  14. RS Mata Dr. YAP Yogyakarta – Employee Wellness: Harmoni Bekerja dalam Jiwa dan Raga
  15. PERISAI KESEHATAN Pemeriksaan dan Vaksinasi Pegawai Resiko Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma
  16. Kegiatan KARISMA (Kajian Rutin Islam Karyawan) dalam Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan di RSI Siti Hajar Sidoarjo
  17. Program Kebugaran dan Vaksinasi Pegawai di RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat
  18. Skrining Kesehatan Jiwa dalam Program Pemeriksaan Kesehatan Berkala Pegawai RSUP Persahabatan
  19. RSUP dr. Sardjito Wellness Camp For Emergency Team, Membangun Ketahanan Tim Gawat Darurat Melalui Pendekatan Program Wellness Holistik
  20. Desain Hermina Nursepro: Platform Terintegrasi untuk Karir, Pendidikan, dan Konseling bagi Perawat
  21. Kepak Sayap Gapoera dari Cost Center Menuju Revenue Center di Rumah Sakit Ngoerah Denpasar
  22. RSUI Sinergi PROAKTIF (Promotif, Preventif, Kuratif) dalam Upaya Pengendalian Insiden Needle Stick Injury
  23. Pengembangan Sistem E-Kredensial Berbasis Teknologi Informasi untuk Menjamin Mutu Pelayanan Keperawatan di RSUP Dr. Hasan Sadikin
  24. RSUD AjibarangKolaborasi Karyawan untuk Meningkatkan Pelayanan dengan Menciptakan Kesejahteraan Emosional, Jasmani, Rohani Dan SDM Berwawasan Profesional
  25. RS Akademik Universitas Gajah MadaHolopis Kuntul Baris – Rekoso Bareng Seneng Bareng
  26. “STC to Be Heathy” Soeradji Therapy Complementer to be Healthy
  27. RSUP Fatmawati SI KOMET-CEX Aksi Komunikasi Terapeutik Untuk Customer Experience
  28. RS Nirmala Suri – Program Nirmala MIND-MOVE (Mindfulness & Resilience through Movement)
  29. Deteksi Kesehatan Mental Karyawan Untuk Meningkatkan Kinerja di RS Rizki Amalia Medika
  30. Olahraga dan Rekreasi Sebagai Investasi Strategis Untuk Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Staf RSU Islam Boyolali
  31. Hermina Depok Memori-HNP Maksimalkan Efisiensi, Minimalkan Risiko: Optimalisasi Kinerja Petugas Non Kesehatan dalam Mengurangi HNP
  32. Pengaruh Kolaborasi Interprofesional terhadap Kesejahteraan Psikologis dan Kepuasan Kerja Tenaga Kesehatan di RS Puri Medika
  33. Program Get Healthy Together- Mayapada Hospital Tangerang
  34. RS JIH Purwokerto – Langkah Sehatku: Sehat Fisik, Sehat Mental, Sehat Keuangan, Sehat Lingkungan Kerja
  35. RS AN-NISA Tangerang – SMART : Sehat, Mulai Aktif, Ramping Terus Pengelolaan dan Pendampingan Manajemen Kesehatan di Lingkungan Kerja
  36. Pembinaan Kerohanian Dan Kredensial Syariah Untuk Meningkatkan Spiritual Well-Being Karyawan Rumah Sakit YARSI Jakarta
  37. JAGAT ASTAMA ing WONGSONEGORO (Jaga Mental, Fisik, Sosial, Finansial dan Lingkungan Secara Optimal Untuk Pegawai lebih Sejahtera di RSD KRMT Wongsonegoro)


KATEGORI 6 : LEADERSHIP AND MANAGEMENT

  1. RSUP Prof Dr IGNG Ngoerah Denpasar – Revolusi PengAturan JAdwal Operasi MengUrai Antrean Dan MenguraNGi Pembatalan (“RAJA UANG”)
  2. RS Bethesda Yogyakarta – Penguatan Kompetensi Meneliti dan Menulis Publikasi bagi Civitas Hospitalis Rumah Sakit
  3. RS Akademik UGM – Code Stroke Lintas Sektor : Transformasi Leadership, Manajemen, dan Kompetensi SDM Untuk Layanan Stroke Terpadu
  4. Percepatan Administrasi Pasca Operasi melalui Standardisasi Terminologi Klinis, Penyederhanaan Alur, dan Otomasi Validasi di RS Gading Pluit: Sebuah Proyek Peningkatan Mutu
  5. SEMAIAN: Strategi Transformasi Kepemimpinan 4.0 RSO Soeharso melalui Digitalisasi SDM Berbasis Dashboard
  6. PRIMA – RM Program Inovatif Manajemen Resume Medis untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pasien BPJS di RS Nirmala Suri
  7. RS Hj. Bunda Halimah Hospital Strategic Leadership & Transformation Program
  8. KETERLIBATAN PEGAWAI BUKAN PRODUK TAPI PROSES: Refleksi Pasca Intervensi di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih
  9. SPECTA (Summary of Presentations, Evaluation, Contacts, Technical Review & Analysis) sebagai Sarana Pengambilan Keputusan dalam Rencana Pengadaan Barang/Jasa Non Tender Rumah Sakit Unhas
  10. Soeradji Leader Camp
  11. RSU Rizki Amalia Medika – Musik Sebagai Intervensi Psikologis Dalam Mengatasi Kecemasan Pasien di Ruang Poliklinik
  12. Upaya yang Dilakukan untuk Meningkatkan Capaian Program Rujuk Balik (PRB) di Rumah Sakit Umum Rizki Amalia Medika
  13. Dari Nilai Ke Kinerja: Integrasi Living Core Value Akhlak Untuk Transformasi Manajerial di Rumah Sakit PHC Surabaya
  14. RS PKU Muhammadiyah Wonosobo – Transformasi Ketepatan Waktu Payroll Dari 50% ke 100% dalam 90 Hari
  15. Strategi Manajemen Talenta Pemimpin melalui Program Sharia Hospital Champion untuk Membentuk Succession Planning yang Efektif di Rumah Sakit Yarsi
  16. RS Mata Bali Mandara – Pengembangan Layanan Wisata Medis
  17. RS Pusat Pertamina – PRL-Driven Career Path: Inovasi Pengembangan SDM Rumah Sakit Berbasis Kompetensi untuk Peningkatan Kinerja dan Keberlanjutan Layanan
  18. Implementasi BU JAIS (Budaya Kerja Organisasi Budaya Kerja Market Budaya Clan Budaya Adhokrasi Budaya Hirarki untuk meningkatkan Kinerja Pegawai RS Paru Jember.
  19. Efektifitas Pengelolaan Anggaran Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Rizki Amalia Medika)
  20. SITAJAM (Sistem Informasi Pemantauan Jam Diklat Karyawan): Dashboard Pemantauan Jam Diklat Dan Biaya Diklat di RSU Hermina Sukabumi
  21. Efisiensi Nilai Persediaan di Instalasi Farmasi RSU Islam Boyolali dengan Program “Tepat Stok, Biaya Efisien”
  22. RSUI – Menghidupkan Nilai, Menggerakkan Organisasi: Praktik Transformasi Budaya RSUI 2025
  23. RS AN-NISA Tangerang – PROGRAM DAHSYAT Discharge Planning Efektif untuk Hemat ALOS, Sediakan Bed, dan Atur Anggaran Tepat
  24. Bundle Intervensi dalam Lensa Diffusion of Innovation Framework: Strategi Bidang Pelayanan Keperawatan dan Kebidanan untuk Peningkatan Kapasitas Perawat dan Bidan di RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang
  25. KEJAR SPM (Konfirmasi, Evaluasi, Jalin komunikasi, Analisis dan Rencana tindak lanjut) Upaya Optimalisasi Capaian Standar Pelayanan Minimal di Instalasi Gawat Darurat RSJ Mutiara Sukma
  26. Talent Management Sebagai Upaya Rumah Sakit Queen Latifa Yogyakarta Menjadi Sustainable Hospital
  27. “PEPSI KOPER” Peningkatan Efektifitas Perawat Melalui Supervisi Komite Keperawatan di RS Hermina Depok
  28. RS Al-Irsyad Surabaya – Optimalisasi Leadership dan Management Perawat Asuh HD Berbasis KPI Terhadap Peningkatan Reveneu
  29. RS Awal Bros Group – Amazing Race RS Awal Bros Group: Strategi Inovatif Peningkatan Leadership, Kolaborasi Tim, dan Budaya Organisasi
  30. Sistem Integrasi Perencanaan Semarwongso Untuk Pengelolaan Barang Persediaan Farmasi di RSD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang
  31. Rumah Sakit Edelweiss Bandung – Model Kolaborasi Interprofesional Modifikasi Pada Pelayanan Occupational Health And Trauma Center
  32. SERASA ROMANTIS (Senin Rabu Sabtu Ronde Manajemen Terintegrasi) Rumah Sakit Sari Asih Serang : Pendekatan Gemba Walk dan Metode Telusur Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja dan Keselamatan Pasien
  33. Transformasi SDM, Pendidikan, dan Penelitian di RS Hasan Sadikin: Meningkatkan Kepemimpinan, Mutu Pelayanan, dan Keselamatan Pasien
  34. RS Puri Medika Penerapan Pendekatan Kolaboratif Antara Manajer Pelayanan Pasien (MPP) dan Tim Klinis dalam Meningkatkan Kepuasan dan Keterlibatan Pasien
  35. Penerapan Gamification Sebagai Strategi Kepemimpinan Dalam Membangun Budaya Keselamatan Pasien & Pengembangan Staf di Primaya Hospital Pasar Kemis
  36. Peningkatan Budaya Kerja Melalui Lean Manajemen Dengan Tools Kaizen Untuk Eliminasi Waste/Pemborosan di Rumah Sakit Jantung Jakarta
  37. RSUP dr. Sardjito – Audit Terintegrasi Clinical Pathway “Strategi Sinergi Kolaborasi Lintas Profesi untuk Quality Improvement Berkelanjutan”
  38. Si-DirJo (Sistem Informasi DIKLAT RSUD RT Notopuro Sidoarjo)
  39. RSUP Dr. Kariadi – Dari Beban Menjadi Peran: Transformasi Residen Jaga IGD
  40. Peran Security dalam Meningkatkan Keamanan dan Kenyamanan Pengunjung di Rumah Sakit Umum Rizki Amalia Medika
  41. Peningkatan Mutu Pelayanan Dengan Pembangunan Budaya Etiprovi di RSUD Dr. Soetomo (Ning Mulan Ngudaya Etiprovi Soetomo)
  42. RSUD dr. Murjani – “GeMa PuBer si ERMa RuSa” – Gerakan Menjaga 7 Pusaka Bernilai dengan Strategi Enterprise Risk Management Rumah Sakit
  43. Perancangan Chatbot AI Dalam Kecepatan Akses Karyawan Terhadap Kebijakan dan Prosedur HRD di RS Hermina Banyumanik
  44. RSUD Ajibarang – One Person One Innovation (OPOI) dengan Pendekatan Before-After Sebagai Daya Ungkit Pelayanan
  45. RS Paru Goenawan Partowidigdo, Cisarua Bogor – Perawat Unggul: Inovasi Evaluasi Kinerja untuk Meningkatkan Profesionalisme dan Mutu Layanan
  46. RS Mata Dr. YAP – Trifecta Leadership Mewujudkan Kepemimpinan Kolektif Katalis Transformasi Budaya Keselamatan Pasien
  47. RS Persahabatan – Pengembangan Kompetensi Tenaga Kesehatan dan Dampaknya terhadap Kinerja dan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit Persahabatan
  48. Efektivitas Pertemuan Komite Medik dalam Peningkatan Kendali Mutu dan Kendali Biaya di Rumah Sakit Umum Rizki Amalia Medika
  49. RS Wahidn Sudirohusodo – Pengelolaan RIset terintegraSi dan sisteMAtis (PRISMA)
  50. Family Meeting di RS Santo Borromeus
  51. UOBK RSUD Jampangkulon – Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh Kolaborasi Multipihak dalam Manajemen Suplai Darah
  52. RS UMMI – SIMPEG-PLUS (Pegawai Learning & Upskilling System) – “Plavorm Integrasi TNA untuk Perencanaan Pelatihan Tepat Guna di RS”
  53. RS Islam PDHI Yogyakarta – Transformasi Kepemimpinan Berbasis Data Untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Rumah Sakit Melalui Analisis dan Respons Cepat Ulasan Google
  54. Penguatan Responsivitas dan koordinasi Instalasi Melalui Inovasisigap di RSJD Dr. Arif Zainudin
  55. RSUD Kajen – Inovasi SI-PETIR Edukasi Gizi tentang Penyakit tidak Menular

KATEGORI 7 : QUALITY AND PATIENT SAFETY

  1. RS Queen Latifa Yogyakarta – “GENTLE (Growth, Education, Nutrition, Therapy, Love, dan Empathy): Meningkatkan Kepuasan dan Hasil Terapi Pasien Anak melalui Pendekatan yang Holistik”
  2. Rumah Sakit Ubaya – PATIENT FOR PATIENT SAFETY (Keterlibatan Pasien Untuk Keselamatan Pasien)
  3. RS Mata Dr. YAP – Yogyakarta – Pasien Berdaya, Pelayanan Terjaga: Ko-Produksi Menuju Rumah Sakit yang Lebih Aman
  4. RSUI – SEHATI (Sistem Evaluasi dan Harapan Tindaklanjut keluhan Terintegransi)
  5. RSJ Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor – Program Sinergi Mutu dan Keselamatan Pasien RS (PRISMA)
  6. Peran Patient-Reported Outcome Measures (PROM) dan Patient-Reported Experience Measures (PREM) dalam Meningkatkan Pelayanan Bedah Onkologi di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung.
  7. RS JIH Purwokerto – Early Detection Hiperbilirubin At Home
  8. Sistem Monitoring Pemberian Obat High Alert Berbasis IT untuk Keamanan Pasien di ICU RS Akademik UGM
  9. RSUD Jampangkulon – PENGANTENAN BUPATY (Penguatan Pemahaman dan Kompetensi Petugas Dalam Penerapan Budaya Patient Safety)
  10. Studi Kasus Efektifitas Oral Hygiene, Closed Suction dan Head Up 30-45° dalam Upaya Mencegah Ventilator Associated Pneumonia (VAP) di Rumah Sakit Columbia Asia BSD Tangerang Selatan
  11. Optimalisasi Keselamatan Pasien dengan TERPESONA (Tabel EWSS, Resiko Jatuh, Perkembangan, Alergi Obat, Do Not Resusitation) di RSD K.R.M.T. Wongsonegoro Kota Semarang
  12. Penerapan Intensive Safety Checklist (ISC) dalam Meningkatkan Angka Keselamatan Pasien dan Menurunkan Angka Pasien Meninggal < 24 Jam di ICU RSIY PDHI
  13. Optimalisasi Pencegahan Phlebitis Melalui Penatalaksanaan Intravena Perifer Sesuai Guideline Infusion Nurses Society (INS) di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta
  14. RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung – Manajemen Nyeri Akibat Prosedur Jarum pada Anak-Anak Melalui Program Comfort Promise: Quality Improvement Program
  15. Penggunaan Sikat Gigi Khusus Pasien Intensive Care dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Pelaksanaan Oral Hygiene pada Pasien Terpasang Ventilasi Mekanik di Rumah Sakit Awal Bros Panam Pekanbaru
  16. Transformasi Sistem Pencegahan Infeksi Pasca Bedah melalui Integrasi Root Cause Analysis dan Pelaporan Infeksi Daerah Operasi Terdigitalisasi di Mayapada Hospital Bandung
  17. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pasien Jatuh Pada Anak – Rumah Sakit Awal Bros A. Yani
  18. Penerapan Metode “Semios” (Self-Monitoring – Intra Operative System)” Untuk Peningkatan Ketepatan Persiapan Pasien Operasi di Instalasi Bedah Sentral RSU Islam Boyolali
  19. Upaya Peningkatan Pengetahuan Suami Tentang Persalinan Menggunakan Metode Nobar di RS PKU Muhammadiyah Wonosobo
  20. Safetouch Alarm – Inovasi Alarm Suara Otomatis Berbasis Sensor Pir & Modul ISD1820 Sebagai Pengingat Real-Time Praktik Cuci Tangan di Area Inkubator NICU RS Siloam Purwakarta
  21. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri – Peningkatan Pelayanan Gigi dengan Kontrol Otomatis Ketersediaan Air Berbasis IoT
  22. RS Bethesda Yogyakarta – Strategi Kolaborasi, Pemantauan, dan Edukasi dalam Eliminasi Tuberkolosis dan Implementasi Keselamatan Pasien
  23. Kolaborasi Penerbitan Jaminan Pelayanan di RSUD Sinjai (Kopi Panas)
  24. Transitional Care Programme Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup, Kepuasan Pasien dan Menurunkan Angka Readmisi Pasien Gagal Jantung Kronis di RS Perkebunan Jember Klinik
  25. Cegah Resistensi Antimikroba Melalui Mekanisme “ASELOLE” (Automatic Stop Order Berbasis Elektronik) Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram
  26. RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta – Warning System untuk Pasien dengan Penyakit Menular
  27. Penyusunan Tabel Diet Dalam Meningkatkan Ketepatan Diet Pasien Yang Disajikan Oleh Pramusaji Senior di RS EMC Sentul
  28. RS UMMI Bogor – MANTAP : Mutu Aman, Nilai Akurat, Transfusi Aman Dan Pasien Selamat
  29. Efektifitas Penggunaan Safety Chest Restraint (C-Safe) Untuk Mencegah Cedera Pada Pasien Yang dirawat di Ruang Intensive Care Unit RS Wahidin Sudirohusodo Makassar
  30. Mayapada Hospital Kuningan – “Opimalisasi Efisiensi Waktu Handover di ICU Melalui Transformasi One on One dan Bedside Handover”
  31. Implementasi Patient Safety Engagement with Role Model dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Kebersihan Tangan Penunggu Pasien di Charitas Hospital Belitang
  32. RSU Islam Klaten – Optimalisasi Intervensi Gizi untuk Percepatan Kesembuhan Pasien
  33. Sentuhan Digital dalam Upaya Pencegahan Infeksi: Edukasi Cuci Tangan Berbasis Audio Visual bagi Pasien Hemodialisis di Rumah Sakit Nasional Diponegoro
  34. RS Akademik Universitas Gadjah Mada – PASOPATI MEMBELAH KEGELAPAN (Pendidikan Asuhan Obat Pasien Terintegrasi)
  35. FOKUS PULIH Fisioterapi Kekuatan Otot Pasien Stroke dan Perawatan Holistik RS AN-NISA Tangerang
  36. Automasi Kardeks: Dari Prescribing ke Managing dalam Upaya Zero Medication Error di RS Hj. Bunda Halimah Batam
  37. RSUP dr Soeradji Tirtonegoro – MBA UPIC (Manfaat Penerapan Bantal Angin untuk Pasien PICU)
  38. RS Jantung Jakarta Case Conference Koroner sebagai Strategi Patient Safety untuk Meningkatkan Mutu, Akses, dan Efisiensi Layanan
  39. Pasien sebagai Mitra Dalam Akreditasi Nasional & Internasional untuk Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Mata Bali Mandara.
  40. Mandaya Royal Hospital Puri Awake Craniotomy Intracranial Masses Protocol: A Quality Improvement for Better Outcome and Experience.
  41. RS Paru Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor – Latihan Adaptasi Aktivitas akan Mempercepat Pemulangan Pasien Sesak Napas yang Ketergantungan Bantuan Oksigen
  42. Pengaruh Kepatuhan Protokol Operasi (Surgical Safety Checklist) Terhadap Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di RS Puri Medika
  43. INCARE INOVASI CAREGIVER READINESS Dalam Upaya Meningkatkan Kesiapan Keluarga Pasien Saraf dan Bedah Saraf di RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat
  44. Plasma Bermutu, Menembus Batas Negeri: Inovasi Unit Pengelola Darah (UPD) RS Sardjito Menuju Fraksionasi Global
  45. Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. DR. dr. Mahar Mardjono – Penerapan Quality Function Development dalam Perbaikan Pengalaman Pasien Rawat Jalan
  46. RS Santo Borromeus – KOPEKA Komunikasi Perawat dan Keluarga
  47. Menurunkan Angka Kesalahan Pengambilan Obat dengan Modifikasi Locator di Instalasi Farmasi Rumah Sakit EMC Alam Sutera
  48. RSUD Dr Soetomo – SIKUNCUNG (Inovasi Komunikasi PICU Unggul) Meningkatkan Pemenuhan Kebutuhan Komunikasi Pasien dengan Gangguan Komunikasi Verbal di PICU (Pediatric Intensif Care Unit)
  49. RSUD Ajibarang – Sistem Integrasi Cepat Nilai Kritis dan Imaging Guna Keselamatan Pasien (SICANTIK)
  50. RSU Rizki Amalia Medika – Succes Story Membangun Team Code Blue Puskesmas
  51. RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri – INOVASI KPJ (KAIN PENYELAMAT JIWA) Untuk Mendukung dan Mengoptimalkan Pasien Safety dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Bayi Baru Lahir
  52. Tatalaksana Dan Pengendalian Scabies RSJD Dr. Arif Zainudin (TELE TUBIES AZA)
  53. Mandaya Royal Hospital Puri Intraoperative Neurophysiological Awake Craniotomy Language Mapping Protocol: A Quality Improvement for Better Outcome and Experience.
  54. RSUP Dr. Kariadi Semarang – OBAH “Optimalisasi Alih Baring pada Mbah Mbah”
  55. RS Pusat Pertamina – CERMAT (Cepat Respons Nilai Kritis Menggunakan Alarm Terintegrasi)
  56. Sistem Pelaporan Cepat Kejadian Insiden Keselamatan Pasien (Sekilas PAS) di RSUD Lasinrang, Kabupaten Pinrang
  57. Pengembangan Model Bisnis Pelayanan Farmasi RS Edelweiss dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan
  58. RS Siloam Brawijiaya – Kombinasi Cairan Infus Hangat dan Blanket Warm Air Pada Pasien Shivering Post Operasi di Recovery room
  59. Peningkatan Kualitas dan Keamanan Pelayanan Kemoterapi Melalui Sistem Manajemen Kemoterapi “Kemidar” di RS Kanker Dharmais
  60. BRAVO (Barcode & e-Kinerja untuk Visite Optimal) Transformasi Kepatuhan Visite Dokter Penanggung Jawap Pelayanan (DPJP) Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Dan Menjamin Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma
  61. Buku Harian Pasien Hemodialisa (BUHAPSA) untuk pasien hemodialisis di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.
  62. Implementasi Kepatuhan Pengisian EWS yang Benar dalam Menurunkan Angka Code Blue di Rawat Inap RSU Rizki Amalia Medika
  63. RS Al-Irsyad – Asuhan Mak E HD Tak Pernah Usai (Program Perawat Asuh Pasien Hemodialisis / Mak E HD)
  64. Penatalaksanaan Hand-Pumping Exercise For Recovery Optimalization (HERO) Pada Kasus DVT Pasca Tindakan Invasif: Case Report di RSUD RT Notopuro Sidoarjo
  65. Optimalisasi Pelaporan Healthcare-Associated Infections (HAIs) melalui Sistem Surveilans Elektronik untuk Meningkatkan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit YARSI Jakarta
  66. NEUCARE (Neurology Care) RSUD Kajen Revolusi Perawatan Stroke Terintegrasi Menuju Recovery Optimal
  67. RS Premier Jatinegara – Implementasi Comfort Round 5P Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri dan Peningkatan Kepuasan Pasien Paska Operasi
  68. RS Islam Jakarta Cempaka Putih – Program RAS untuk Keselamatan Pasien: Inovasi Kredensial Tenaga Kesehatan Lain yang Efektif dan Akuntabel
  69. “Miracle” To Reduce The Risk of Ventilator Associated Pneumonia (VAP) In The ICU of RS Ngoerah
  70. Upaya RSU Rizki Amalia Medika dalam Mencapai Target Bebas Nyeri 24 Jam Post Operasi
  71. Peningkatan Kepatuhan Pengisian Early Warning System (EWS) Dalam Penerapan Makppn (Metode Asuhan Keperawatan Profesional Primary Nurse) Terhadap Penurunan Aktivasi Code Blue Tahun 2023-2024 di Ruang Rawat Inap RS “JIH” Yogyakarta
  72. Mayapada Hospital – Turning Data into Action: A Quality Improvement Program to Reduce Pressure Injuries in Hospitalized Patients
  73. Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru – E-Nurse Companion: Program Empowerment Education Melalui Video Digital dalam Meningkatkan Self Efficacy dan Self Management Pasien Kanker
  74. Penerapan Metode Visual Clotting Score Dialyzer Untuk Menurunkan Angka Kejadian Dialyzer Clotting Intradialisis di RSI Surabaya Jemursari
  75. RS Awal Bros Batam – Peningkatan Kepatuhan Budaya Kebersihan Tangan Melalui Integrasi Keterlibatan Pasien dan Human Factors Engineering
  76. MDRO Watch di RSPAL dr. Ramelan
  77. Upaya Yang Dilakukan untuk Tercapainya Legalitas Tenaga Kesehatan di RSU Rizki Amalia Medika


KATEGORI 8 : INNOVATION IN HEALTHCARE IT

  1. SI DEWA: Sistem Kredensialing Perawat di Rumah Sakit Mata Bali Mandara (2021- Sekarang)
  2. RS Akademik UGM – “AJA-LALI SIP” (Aplikasi Jaringan Otomatisasi – Layanan Informasi Surat Izin Praktik) Sistem Reminder Otomatis Masa Berlaku SIP Dokter Berbasis Whatsapp
  3. RSUD R.T Notopuro Sidoarjo – Implementasi dan Transformasi Global SI-CERIA AI (Sistem Infomasi Cek Risiko Kesehatan bayi dan Anak Berbasis AI)
  4. Penerapan Digitalisasi PEWS dan EWS dalam Asuhan Pasien di Rumah Sakit “JIH” Yogyakarta
  5. MERAWAT RAGA – MENJAGA DATA Implementasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi di RSNU Tuban
  6. RS Genteng – Inovasi “CAS (Critize Alarm System)”
  7. RS Hasan Sadikin Bandung – Kebijakan Fast track untuk Mengurai Antrian Operasi Elektif dengan Dukungan Penjadwalan digital
  8. RS JIH Purwokerto – Smart Adaptive Learning Stock Management: Optimalisasi Pengendalian Perbekalan Farmasi di Rawat Jalan
  9. RSUD Kota Mataram – SI RAJA MADU (Sistem Rawat Jalan Mandiri dan Terpadu)
  10. Analisis Tingkat Kepuasan Dokter Terhadap Pemanfaatan Aplikasi Medok di Rumah Sakit Hermina Banyumanik
  11. Rumah Sakit AN-NISA Tangerang – LEAD-DASH – Leadership Evaluation of Analytics Dashboard Memimpin Keputusan dengan Data yang Terarah
  12. SI PIRANTI (Sistem Informasi Pemberian Respon Cepat Tanggapi Keluhan Teknologi Informasi): Sebagai Media Penyampaian Laporan/ Keluhan/ Pengaduan tentang Teknologi dan Sistem Informasi di Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi Nusa Tenggara Barat
  13. UOBK RSUD Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat – SMART Care – Sistem Monitoring dan Akselerasi Rawat Inap Terintegrasi
  14. RSUD Ajibarang – NONA MANIS (Inovasi Healthcare IT Guna Meningkatkan Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit)
  15. Smart Flow Chart Digital dalam Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Kertas dan Pelayanan di ICU RSIY PDHI
  16. RSUD Jampangkulon – Implementasi Manajemen Risiko dengan SIMENKO
  17. SIAGA (Sistem Kartu Kemoterapi berbasis Digital)-AI : Artificial Intelligence sebagai Pengingat, Pemantauan dan Konsultasi Pasien Kemoterapi di RSPAD Gatot Soebroto
  18. Inovasi Peningkatan Keamanan dan Ketertelusuran Serah Terima Obat di RS Bunda Palembang
  19. Transformasi Proses Pemesanan Makanan di Instalasi Gizi melalui Rumah Sakit Klaten – Teknologi Informasi: Optimalisasi Kecepatan dan Ketelitian
  20. Smart Complaint Handling System untuk Mutu dan Keselamatan Pasien di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Provinsi Jawa Tengah
  21. Efektifitas Penggunaan Awal Bros Casemix Index (ABCI) dalam Upaya Penurunan Klaim Pending BPJS Akibat Fragmentasi di RS Awal Bros Panam, Pekanbaru.
  22. Integrasi Fitur RAPIH (Rapid Antibiotic assessment for Patient in Hospital) dalam Aplikasi PasienKu untuk Meningkatkan Kualitas Penatagunaan Antibiotik di RS Panti Rapih Yogyakarta
  23. Inovasi Integrasi Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) dengan Mobile JKN dan SEP Digital untuk Efisiensi Layanan BPJS di Charitas Hospital Belitang
  24. RS Pusat Pertamina – Continuous Improvement Program (CIP) PERSI 2025
  25. RS Islam Surabaya Jemursari – EMES: Sistem Penilaian Kinerja dengan Automatissi Terintegrasi dalam Mendorong Efifiensi dan Mutu Layanan Kesehatan
  26. RS UMMI Bogor – SMART TRACK – “Sustainable Medical Asset Real-Time Tracking : “Accuracy by Accessibility for Quality And Patient Safety”
  27. Penerapan Aplikasi Android “SIRINDU” dalam Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) di Rumah Sakit Umum Islam Boyolali
  28. RS Islam Jakarta Cempaka Putih : SAKTI dalam Digitalisasi Pelayanan Kredensial Tenaga Kesehatan Lain
  29. ELITA-ALARA: Comprehensive Digital Radiography Thorax IT System For Patient Radiation Safety And Preserving Inage Fidelity in Radiology Departement of Mandaya Royal Hospital Puri
  30. RSD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang – KELOMPOK BUDAYA KERJA FIBRAT (Farmasi Bersama Kita Hebat) CDR (Catatan Digitalisasi Rekonsiliasi)
  31. Penerapan Teknologi Digital Customer Satisfaction Survey pada Pelayanan Kebidanan di RSI Yogyakarta PDHI
  32. UPT RSUD Sinjai – ARISAN IKP (Transformasi Sistem Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien)
  33. RS Dr. Sardjito – SALIS : “Transformasi Digital Pemeliharaan Aset Medis Berbasis Pembelajaran Mesin Artificial Intellligence (AI) Yang Berkelanjutan”
  34. RSU Rizki Amalia Medika – “Implementasi Aplikasi Simala”
  35. Implementasi Sistem Pembelajaran Digital Terintegrasi pada Human Resources Information System (HRIS) Untuk Peningkatan Mutu Capaian Pembelajaran Karyawan di Rumah Sakit Yarsi
  36. RS Queen Latifa Yogyakarta – Sistem Informasi Kesehatan Ibu, Anak, KB dan Kesehatan Reproduksi Secara Care, Inovatif, Nyaman, Terintegrasi (SI CINTA)
  37. Tak Ada Rotan Akarpun Jadi: Optimalisasi Aplikasi Sikinerja dan Google Worksheet Collaboration untuk Pemantauan Indikator Kinerja Utama 3 RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang Tahun 2025
  38. RS Mata Achmad Wardi – VISUMATA Visualisasi Multikunjungan Radiologi Mata Secara Real-Time Terintegrasi dengan SIMRS untuk Mendukung Keputusan Klinis Dokter
  39. Inovasi Sistem Antrian D.O.A (Digitalisasi Obat Amanah): Strategi Optimalisasi Waktu dan Keamanan Pelayanan Obat di Farmasi Rawat Jalan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo
  40. RSUD Provinsi NTB – Aplikasi “AKSI CEPAT” AKtivaSI Code Blue Empat Detik
  41. Digitalisasi Aset Berbasis QR Code : Solusi Efektif Untuk Meningkatkan Maintenance Alat Medis dan Non Medis di RS Jantung Jakarta
  42. RS Awal Bros Batam – MRI 5 Menit untuk Indonesia Sehat: Terobosan Optimasi Waktu Pemindaian 60% untuk Layanan Diagnostik yang Lebih Cepat dan Ramah Pasien
  43. DISASIMA AZA (Digitalisasi Analisa Sisa Makan Pasien Rawat Inap Pada RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah)
  44. Primaya Hospital PGI Cikini Proyek Penurunan Angka Phlebitis Pada Pasien di Ruang Rawat Inap
  45. Implementasi Teknologi Digital dalam Pendekatan Patient Centered Care untuk Pasien Penyakit Kronik: Studi Implementasi Chatbot di RS Puri Medika Jakarta Utara
  46. E-Asesmen Pra Induksi dan Monitoring Anestesi/Sedasi: Solusi Modernisasi Dokumentasi Medis Era Digital di Instalasi Bedah Sentral RS Bethesda Yogyakarta.
  47. RSUD dr. Soeratno Gemolong – Inovasi AISHA (Artificial Intelligence Support for Hospital Acceleration)
  48. RSUP Dr. Johannes Leimena – Program Inpatient Daily Report
  49. RS Santo Borromeus Bandung – OPTIMAL+ Wujudkan Digitalisasi Sistem EWS Terpadu yang Akurat, Cepat, dan Responsif
  50. RS Soeradji Tirtonegoro – Sistem Informasi Deteksi Dini Kanker Payudara (SIDARA)
  51. RS Premier Jatinegara – TRINITRIX: Sistem Pencatatan Lingkungan Digital Hemat Biaya untuk Meningkatkan Akses, Kualitas, dan Keselamatan
  52. Upaya Rumah Sakit Umum Rizki Amalia Medika dalam Peningkatan Capaian Pemanfaatan Antrian Online
  53. RSUD dr. Chasbullah Abdulmajid – SIBEROJOL (Sistem Berobat Jalan Online)
  54. Buku Harian Pasien Hemodialisa (BUHAPSA) untuk pasien hemodialisis di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.
  55. RS Fatmawati Inovasi Metode Edukasi Pasien Menggunakan Website Diabetacare berbasis Artificial Intelligence (AI) Guna Meningkatkan Self Care pada Pasien Diabetes Melitus
  56. Penerapan Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien dengan Penggunaan Aplikasi SIPELITA (Sistem Informasi Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien) di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
  57. RS Hj. Bunda Halimah – Integrated Hospital Management System (HMS): The Convergence of CRM, CMS, HRIS, and LMS with AI-Powered Intelligence
  58. Bethsaida Healthcare – Integrasi peralatan Medis, Aplikasi Klinis dan Sistem Rumah Sakit untuk Keselamatan dan Kenyamanan Pasien
  59. RS PHC Surabaya – Aplikasi Helpdesk Sistem Terintegrasi untuk Peningkatan Keselamatan Pasien
  60. Sistem Informasi Farmasi Hermina (SIFARMIN) sebagai Dashboard Informasi Status Tunggu Obat Unit Farmasi pada Pasien Rawat Jalan Padma di Rumah Sakit Hermina Madiun
  61. Rumah Sakit Umum Daerah Sekarwangi – Sistem Informasi Monitoring Pelayanan Laboratorium (SIMPEL)
  62. Charitas Hospital – SISTER (Sistem Informasi Terintegrasi): Inovasi Digital untuk Meningkatkan Mutu, Keselamatan Pasien, dan Manajemen Risiko
  63. Digitalisasi Pelaporan Indikator Mutu RSU Dr. Abdul Radjak Purwakarta dengan PANDORA (Pelaporan Indikator Mutu Rumah Sakit)
  64. Smart Scheduling: Optimalisasi Jadwal Operasi Instalasi Bedah Sentral Rumah Sakit Nasional Diponegoro Berbasis Google Spreadsheet
  65. AI (Artificial Intelligence) iDRG Rumah Sakit Sari Asih Bintaro 2025 untuk Kecepatan dan Konsistensi Koding INA Grouper (iDRG)
  66. RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso – Optimalisasi Kendali Mutu, Biaya dan Klaim JKN dengan E-SIDAK
  67. RSUP Dr. Soetomo Surabaya – PAGAR (PenatAGunaan Antimikroba Rasional)
  68. RSUI – CSIRT for CARE: Cybersecurity Assurance for Reliable E-health
  69. RS. Mata Dr. YAP Yogyakarta – Sistem Digital Formularium Terintegrasi dalam Menurunkan Risiko Medication Error
  70. RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta – Aplikasi Sistem Informasi Indikator Mutu, Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko (SIMUTAN-RISK)
  71. Pengembangan SIKAP (Siloam Keselamatan dan Aset Presisi) sebagai Sistem Terintegrasi untuk Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Siloam Sriwijaya
  72. Implementasi Digistock: Solusi Cepat, Akurat, dan Hemat Untuk Stock Opname di Lingkungan Logistics Rumah Sakit Pelni
  73. Terobosan Kekinian dalam Meningkatkan Omset Rumah Sakit Secara Signifikan Melalui Optimalisasi IT Pada Kegiatan Promosi dan Edukasi Pasien & Keluarga di RSI Gunungkidul
  74. PETIS RAJA – Pelayanan Otomatis Rawat Jalan RSUD Bhakti Dharma Husada
  75. Digital Smart Guide SIMETRISS: Solusi Literasi Digital Pengguna SIMRS di RS Ngoerah
  76. RS Persahabatan – Pemanfaatan QR Code untuk Akses Cepat Hasil Pemeriksaan Radiologi
  77. RS Kariadi – Metromini “Mencegah Trombus Dengan Mobilisasi Dini Sebagai Upaya Keselamatan Pasien Pasca Operasi di Ruang Rajawali 2A”
  78. SIMET-e, Sistem Informasi Manajemen Aset Low Budget Yang Mudah Dan Ramah Bagi Pengguna Akhir (End-Users): Studi Kelayakan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta
  79. RS Kanker Dharmais – Integrasi Data Monitoring, Penilaian Kausalitas, Dokumentasi dan Pelaporan Efek Samping Obat dalam Satu Platform: Aplikasi “AN-ESO”
  80. Teko Sehat Siwalima RSKD Provinsi Maluku

KATEGORI 9 : CUSTOMER SERVICE, MARKETING AND PUBLIC RELATION

  1. Transformasi Budaya Kerja dalam Upaya Peningkatan Pasient Experience di RSUP Fatmawati
  2. DARA (Dashboard Analisis Respon dan Aspirasi) RSUD Kota Mataram
  3. RSJD Dr. Arif Zainudin – SI PRO PLAYER: Sistem Permintaan Informasi dan Pelayanan Aduan Secara Elektronik
  4. RS Santo Borromeus – SWEETNESS (Smile, Wave, Eye Contact, Expression, Touch, iNtonation, rElax, Space, geSture)
  5. Peran RESPON (Realtime Services Publc Online) dalam Peningkatan Layanan di Rumah Sakit Umum Daerah RT Notopuro Sidoarjo
  6. Penerapan Strategi Direct Selling terhadap peningkatan Kerjasama di RS PKU Muhammadiyah Wonosobo
  7. RS Nirmala Nuri Sukohajo – “Transformasi Konten Digital Rumah Sakit: Optimalisasi Layanan dan Branding Rumah Sakit menggunakan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI)”
  8. Face Direct Marketing RSU RAM Mendekati Pelanggan dengan Tim Building Intra Puskesmas (Sebuah Case Report Kegiatan PKRS di RSU Rizki Amalia Medika)
  9. RSI Gunungkidul – Inisiasi Artist in Residence: Pelibatan Komunitas Perupa Lokal dalam Program Arts in Hospital
  10. PACAR (Program Andalan Catering) Gizi RS Islam Jakarta Cempaka Putih”
  11. Si Ati Puas Plus (Sistem Rating Kepuasan): Digital Customer Feedback untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan dan Reputasi Rumah Sakit RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Provinsi Jawa Tengah
  12. Peran Public Relation dalam Menangani Krisis Citra Rumah Sakit di Era Media Sosial: Studi Pengalaman Pasien di Poliklinik Rumah Sakit Umum Hermina Depok
  13. RSUD Ajibarang – LENTRAMAS (Layanan aktif dengan Empati Nyata Tanpa JaRAk untuk Masyarakat)
  14. RS Mitra Medika Pontianak – Patient Meet And Greet Sebagai Penerapan Konsep What Matters To You?
  15. Saat Bola Berpadu Cinta: Mengubah Peran Suami dari Penonton Menjadi Pendamping Sejati Melalui Penggunaan Birthing Ball di RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang
  16. RS Kanker Dharmais – Project Layanan Survivorship “Glow Up: Sehat dan Bersinar “ Sebuah Perjalanan Transformasi Setelah Kanker Payudara
  17. Pengaruh Sistem Pengingat Kunjungan Pasien terhadap Jumlah Peningkatan Pasien Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Soelastri
  18. SMART (Strategic Marketing And Relationship Tactics for Reveneu Sustainability at RS Universitas Indonenesia
  19. Peningkatan Mutu Layanan Medical Check Up di RS Panti Rapih Yogyakarta (Analisis Persepsi Pelanggan dan Strategi Perbaikan Berkelanjutan)
  20. RS PHC Surabaya – Review, Experience, Loyalty: Pentingnya Digital Experience Bagi Layanan Kesehatan
  21. Si ITEM MANIS – SItus Informasi TErpadu, AMAN dan EfISien: Best Practice PPID RSUD Provinsi NTB
  22. RS Pusat Peramina – Sentuhan yang mengubah: Inovasi Empati Dalam 18 Titik Layanan untuk Peningkatan Pengalaman Pasien dan Transformasi Budaya Pelayanan Rumah Sakit
  23. Time to smile: inovasi alarm pengingat untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Siloam Sriwijaya
  24. RS Ngoerah – Customer-Driven Innovation melalui Strategi “PRIME” di Layanan Eksekutif untuk mencapai Financial Sustainability
  25. “Dari Sirine Ke Sinergi” Penguatan Jejaring RSU Islam Boyolali Melalui Program Safety Driving Training For Ambulance
  26. Rumah Sakit Universitas Hasanuddin – RESPON #tulusmelayani – (Reputasi dan Evaluasi Survey Pasien ON-line)
  27. RS Islam Yogyakarta PDHI – SIGMA : Kekuatan Integrasi Media Digital dalam Pemasaran dan Humas
  28. UOBK RSUD Jampagkulon – DAS! MERAH – Edukasi dan Mengajak Siswa-Siswi Donor Darah
  29. PUTU AYUNE SUKMA (Peningkatan Mutu Pelayanan Gizi yang Berorientasi pada Pelayanan Pasien Melalui E-SUKMA RSWN (Elektronik Survei Kepuasan Makan Pasien Rumah Sakit Daerah KRMT Wongsonegoro)
  30. Kemitraan Strategis Rumah Sakit YARSI dan Sekolah PAUD/TK : Sinergi Skrining Tumbuh Kembang Pada 12 PAUD dan TK di lingkungan RS YARSI untuk Membangun Relasi dan Mutu Pelayanan
  31. RS Bethesda Yogyakarta – SalsaBejo: Transformasi Budaya Keramahan RS Bethesda Menuju Pelayanan Prima
  32. Pengembangan Aplikasi “E-Keluhan Pelanggan” Untuk Meningkatkan Layanan Keluhan Pelanggan di RSU Islam Klaten
  33. RS Persahabatan – Customer Care On-The-Go Inovasi Pelayanan Proaktif untuk Pengalaman Pasien Unggul
  34. PRIMA (Pelayanan Registrasi, Integrasi, dan Manajemen Antrean) “Transformasi Layanan Digital RS UMMI Bogor untuk Pelayanan Cepat, Tepat, dan Bersahabat mencapai antrian online 99%”
  35. Charitas Hospital Palembang – RACE (Resep yang Cepat dan Efisien)
  36. RS Mata Bali Mandara – Sistem Penanganan Komplain (SIPEKO)
  37. RSUD Kabupaten Mimika – Sistem Layanan Antar Pulang Pasien Rawat Inap Orang Asli Papua – SA ANTAR KO
  38. VIRAL-SUKMA Value Insan Civitas Hospitalia dalam Realisasi Aktivasi Informasi Layanan melalui Kanal Digital RSJ Mutiara Sukma
  39. Kembang Mekar (Kemitraan Bangun Rujukan Untuk Meningkatkan Efektifitas Kolaborasi Antara RS Islam Yogyakarta PDHI dan FKTP)
  40. Implementasi Internalisasi Budaya Kerja di Instalasi Layanan Eksekutif RS Sardjito Yogyakarta
  41. Penerapan Siberis (Komunikasi Responsif Berbasis Syariah) Dalam Peran CSIM Untuk Menangani Pasien Penolakan Tindakan Medis di UGD RSIY PDHI
  42. Implementasi Pengelolaan Keluhan Pelanggan Berbasis Digital “SAPA SOEHARSO”
  43. “PR KRISMA HD” Peran Public Relation Tangani “Krisma” (Krisis Citra di Media Sosial) RS Hermina Depok
  44. EKS-BANNER Edukasi Kesehatan Berbasis Online RSUD Kajen
  45. RSUD Genteng – Me-CoRe + DAYUN (Digital Asisten Layanan Umum Pasien)”
  46. RS Wahidin Sudirohusodo – PIJAT TAPAK (Terapi Pijat Tangan, Punggung dan Kaki)
  47. BUMIL CLUB: Strategi Humanis Rumah Sakit dalam Meningkatkan Loyalitas Ibu Hamil Melalui Edukasi dan Pendampingan Berbasis Customer-Centered Care di RSIY PDHI
  48. RS JIH Purwokerto – Just in Time Decision Making System: Strategi Menghilangkan Kendala Pembiayaan Tindakan Operasi pada Pasien Asuransi Swasta dan Pribadi
  49. Studio Edukasi Ginjal RSUD Sekarwangi (STUGIS)
  50. RSUD dr. Adhyatma, MPH Provinsi Jawa Tengah – INFUS Informasi Seputar Kesehatan
  51. JEMPOL: Janji Mudah, Pelayanan Optimal Inovasi Pelayanan Eksekutif Fleksibel di RSUP Dr. Kariadi Melalui By Appointment Clinic
  52. RS Soeradji Tirtonegoro – AQUADES Saat Terapi Menyapa Desa, Promosi Layanan Mengalirkan Rasa
  53. RSU Queen Latifa Yogyakarta – CERIA (Cegah Resiko Anxiety) di Tengah Sakit: Inovasi Terapi Bermain Anak Pra Sekolah Selama Hospitalisasi
  54. RSNU – Bicaralah Sayang, Aku Bukan Ahli Kebatinan Implementasi Net Promoter Score Untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pasien
  55. RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung – Inovasi Pengampuan Mutu Layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Melalui Workshop POCQI Serentak di 28 RS Jejaring Jawa Barat
  56. Integrasi Customer Service, Marketing, dan Public Relations dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Puri Medika Jakarta Utara
  57. RS Mata Dr. YAP Yogyakarta – KRIS TERDEPAN, OPTIMAL, TERPERCAYA Brand Image Sebagai Dasar Mengembangkan Layanan Kelas Rawat Inap Standar
  58. RSUD dr. Soediran MS Wonogiri – TIM MAWAS 119 (Tim Mapak Warga Sakit 119)
  59. RS EMC Alam Sutra – EMC Close the Heart Program Menjaga Tenang di Ruang Tunggu; Strategi Dukungan Bagi Keluarga Pasien