MAKALAH PERSI AWARDS 2023

KATEGORI 1: KODE ETIK  DAN PERILAKU RUMAH SAKIT

  1. GIBBS REFLECTIVE CYCLE SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN ETIK DAN PROFESIONALISME TENAGA KESEHATAN DI RS MATA “Dr. YAP”
  2. AKSELERASI PERAN KOMITE ETIK DAN HUKUM RUMAH SAKIT – RSIJ Cempaka Putih
  3. SAY NO PADA PERUNDUNGAN! LAPOR SiEMAK YUK – RS Akademik Universitas Gadjah Mada
  4. BERSAMAKU KAMU AMAN, BERSAMAMU AKU NYAMAN – RS Dr. Oen Kandang Sapi Solo
  5. SOLUSI PELANGGARAN ETIK DI RSUP Dr. KARIADI DENGAN SI PETIK – RSUP Dr. Kariadi Semarang
  6. PENGGUNAAN BARCODE PENGADUAN UNTUK PELAPORAN PELANGGARAN ETIK DAN PERILAKU PEGAWAI DI RSAB HARAPAN KITA – RSAB HARAPAN KITA
  7. PENGAWASAN KODE ETIK DAN PERILAKU YANG TERINTEGRASI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PROFESIONALITAS SDM DI RSUD SIDOARJO – RSUD Sidoarjo

KATEGORI 2 : CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

  1. STRATEGI PERCEPATAN PEMBERANGKATAN TIM TANGGAP BENCANA RSIY PDHI PEDULI DALAM UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA DI INDONESIA DENGAN MEMBANGUN POSKO KESEHATAN
  2. RSUD AJIBARANG GOES TO VILLAGE
  3. SEPASANG SEPATU UNTUK MASA DEPAN INDONESIA – CSR RS ORTOPEDI PROF DR R SOEHARSO SURAKARTA (RSO)
  4. Kegiatan Gerakan Donor Darah Sukarelawan (Gedor Rasulan) RSUD Wonosari dalam Pemenuhan Kebutuhan Darah di Kabupaten Gunungkidul
  5. Rumah Sakit Ramah Teman Tuli (RUMAH MANTUL)
  6. Peningkatan Literasi Kesehatan dan Kualitas Hidup Lansia dengan Program Kelas Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Religius dan Tidak pikun) – RSUD Wonosari
  7. PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI (USG) KEHAMILAN “Wujudkan Generasi Cerdas Bebas Stunting Sejak Dari Dalam Kehamilan” – RS Kramat 128
  8. HOPES (Health On-service Projects for Essentials Issues) Project – RS Bunda Pengharapan Merauke, Papua Selatan
  9. GOOD SIGHT PROJECT RS MATA “DR. YAP” SINERGITAS MENDUKUNG TRANSFORMASI LAYANAN PRIMER
  10. TRANSFORMASI RUJUKAN KEBIDANAN DENGAN KARTU CINTA SERU – RSUP Prof Dr. I.G.N.G Ngoerah
  11. BAKTI KESEHATAN DALAM RANGKA HUT KE-78 TNI AL – Rumkital Samuel J. Moeda Kupang
  12. SAFARI HEALTH CARE RS UMMI SEBAGAI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT
  13. Membuka Jendela Dunia Lebih Luas untuk Kualitas Hidup Pasien yang Lebih Baik – RSPAD GATOT SOEBROTO
  14. PENGUATAN EKOWISATA MELALUI PELATIHAN FIRST RESPONDER KASUS KEGAWATAN PADA AREA DESTINASI WISATA DIY – RS Akademik Universitas Gadjah Mada
  15. ESKRIM-MU JITU ATASI STUNTING – RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL
  16. CSR – RSIA DEDARI KUPANG
  17. PROGRAM PENURUNAN STUNTING RSU ADHYAKSA, AKSI NYATA UNTUK MEMPERBAIKI GENERASI
  18. RUMAH SAKIT MARINIR EWA PANGALILA SEBAGAI INISIATOR PELATIHAN BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) UNTUK KORPS MARINIR
  19. PERANAN RSAB HARAPAN KITA DALAM EKSPLORASI SUMBER PENDANAAN SOSIAL (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN FILANTROPIS) UNTUK MENDUKUNG KEBERLANGSUNGAN PELAYANAN PASIEN DI ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL
  20. Posyandu Jiwa Mentari sebagai model Implementasi Employee Voluntering Program CSR RSM Lamongan dalam mengatasi stigma dan hambatan ekonomi ODGJ
  21. TERANG UNTUK PULAU KENARI – RSU Kartini Kupang
  22. C-4BLIFE (CSR FOR BETTER LIFE) – RS SITI HAJAR SIDOARJO
  23. GELAR ISTIMEWA LELANG OLAH KREATIFITAS REHABILITAN (LARIS LOKER) – RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Klaten
  24. TEMAN RSSA (Telenutrition Pemandu Gizi Masyarakat) – RSUD Dr. Saiful Anwar
  25. UPAYA PREVENTIVE CARE PENCEGAHAN HIV OLEH RS MUHAMMADIYAH LAMONGAN
  26. E-PAM KU TIRTO SARDJITO BERJUTA MANFAAT DISETIAP TETESNYA
  27. BERBAGI SENYUM DENGAN “AiRSA” SEDEKAH AIR BERSIH RS AISYIYAH BOJONEGORO UNTUK SESAMA
  28. PANTI ASUHAN SEHAT SEBAGAI HOSPITAL RESPONSIBILITY PROGRAM RSU RIZKI AMALIA MEDIKA
  29. URIP DADI URUPING SESAMI (URUS) – RS AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA
  30. HOSTREN – HOSPITAL GOES TO PESANTREN – RSUD GENTENG BANYUWANGI
  31. PEMBUATAN TAMAN VERTICAL GARDEN DAN TAMAN DI ROOFTOP DALAM RANGKA MENDUKUNG RS HERMINA DEPOK MEWUJUDKAN GREEN HOSPITAL
  32. LAYANAN DM TERPADU SEBAGAI UPAYA BERKESINAMBUNGAN TATALAKSANA PASIEN DM RSU ISLAM KLATEN
  33. “GANDOS BASAH” – (Gandrung Dodolan Sampah, Nambah Resik Lan Berkah) – RSJD Dr. ARIF ZAINUDIN SURAKARTA PROVINSI JAWA TENGAH
  34. HOMECARE PEDULI RSUD GAMBIRAN UNTUK MASYARAKAT KOTA KEDIRI
  35. CASE REPORT SEDEKAH AIR BERSIH RSU RIZKI AMALIA MEDIKA BAGI MASYARAKAT SEKITAR SEBAGAI SOLUSI PENYEDIAAN AIR BERSIH BEBAS COLIFORM
  36. KALI CENTING – (Kariadi Peduli, Cegah Anak Stunting)
  37. TETAP SEHAT DAN BAHAGIA DENGAN SENAM PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS DAN SENAM LANSIA – RSUD KABUPATEN SIDOARJO
  38. GERAKAN SEDEKAH KARYAWAN (GESEK) RS SARI ASIH SERANG, MENGETUK PINTU LANGIT PROYEK DAKWAH DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL RUMAH SAKIT

KATEGORI 3 : GREEN HOSPITAL

  1. LAGI SHANTIG : (Larva mAgGot pereduksI SampaH orgAnik iNsTalasI Gizi) – RSUD Dr. SOETOMO
  2. “SAMPUN JOS” : (SAMPah daUN Jadi kompOS dengan Bioaktivator Sari Buah) – di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin
  3. AIR REJECT SISTEM RO UNTUK EFISIENSI PENGGUNAAN AIR – RSUP PROF. DR. I G.N.G. NGOERAH
  4. SI MONI BERUANG : (APLIKASI MONITORING KEBERSIHAN LINGKUNGAN, SUHU, DAN KELEMBABAN RUANGAN) – RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah
  5. Pemanfaatan Sodium Chloride dari sisa larutan dialisis/infus untuk penurunan total coliform dalam air bersih dengan cara elektrolisis – RSUD R Syamsudin, SH, Sukabumi
  6. Pembiusan Tanpa Desflurane Di Kamar Operasi: Langkah Kecil Untuk Perbaikan Iklim Dari RS Premier Bintaro
  7. Implementasi Program Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Melalui Aksi Minimasi Sampah Plastik (Jatty Simpatik) dalam Rangka Mengurangi Dampak Lingkungan Di RS Premier Jatinegara
  8. PILIH PILAH UNTUK PULIH Pengelolaan Limbah Domestik Terpadu di RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang
  9. Strategi Penerapan Green Hospital dalam Pencapaian Ekonomi Sirkular yang berkelanjutan di RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta
  10. Building Floods Defends System RS Islam Jakarta Cempaka Putih
  11. “PARAS ADIK UNIK”: (Pemanfaatan Air Cucian Beras Menjadi Bio Aktivator dan Pupuk Organik Cair) di RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah
  12. BUAH BINTARO PENGUSIR TIKUS – di RSPAD Gatot Soebroto
  13. MEDIA BIOFILTER IPAL DARI PLATSIMBAH RUMAH SAKIT – RSU PKU Muhammadiyah Bantul
  14. PEMANFAATAN MIJEL RUMAH SAKIT JADI SABUN CUCI – RSU PKU Muhammadiyah Bantul
  15. PENERAPAN GREEN HOSPITAL DI RUMAH SAKIT ISLAM SITI HAJAR SIDOARJO UNTUK MEWUJUDKAN RUMAH SAKIT YANG ASRI, NYAMAN DAN RAMAH LINGKUNGAN
  16. Tingkatkan Implementasi Green Hospital dalam Rangka Mendukung Rumah Sakit Aman & Ramah Lingkungan – RS ST. CAROLUS BORROMEUS KUPANG
  17. MINIMASI SAMPAH DOMESTIK MENUJU GREEN HOSPITAL DI RSAB HARAPAN KITA
  18. Go Paperless Laboratory, Go Green Hospital: Apa yang kita dapat dari e-form permintaan laboratorium? – RS Mata “Dr. YAP”, Yogyakarta
  19. PEMANFAATAN BOTOL AIR DAN PLABOTE INFUS DI RSU PKU MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN
  20. GREEN HOSPITAL CHALLENGE RSU KARTINI KUPANG
  21. Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia – Desflurane-Free for Greener Theatres
  22. BIJAK KELOLA LIMBAH WUJUD RS PEDULI LINGKUNGAN – RSUP DR.SARDJITO
  23. PEMANFAATAN LIMBAH RESIDU INSINERATOR LIMBAH MEDIS DAN LUMPUR IPAL SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN PAVING BLOCK UNTUK ASESORIS TAMAN DI RUMAH SAKIT – RSUP PERSAHABATAN
  24. TPS Piyungan Ditutup Siapa Takut? Sedekah Sampah, Model Pengelolaan Sampah Non Medis Berbasis Masayarakat di Rumah Sakit UAD
  25. OPTIMALISASI PENGELOLAAN LIMBAH ORGANIK RUMAH SAKIT – RSUP DR.SARDJITO
  26. ASET DEK AZA MANIS”: (Taman Sehat Dengan Kolaborasi Pangan Bergizi Lezat Minuman Sehat dan Ekonomis – di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta Provinsi Jawa Tengah
  27. PASAR KREMPYENG REBO WAGE : MEMADUKAN KEARIFAN LOKAL DALAM KONSEP GREEN ECONOMY – RS AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA
  28. PEMANFAATAN AIR REJECT REVERSE OSMOSIS (RO) UNTUK SIRAM TANAMAN DAN KEPERLUAN KAMAR MANDI Utilization Of Ro REJECT Water For Gardening And Bathroom DI RUMAH SAKIT Dr. KARIADI SEMARANG
  29. Transformasi Limbah Menjadi Manfaat – RS UMMI Bogor
  30. SEDEKAH JELANTAH SEBAGAI UPAYA PENURUNAN LIMBAH DOMESTIK UNIT GIZI RSU RIZKI AMALIA MEDIKA
  31. Implementasi Manajemen Energi dan PembangkitListrik Tenaga Surya Sebagai Sumber Energi Terbarukan Menuju Efisiensi Rumah Sakit yang Ramah Lingkungan – RS Islam Surabaya Jemursari
  32. PENGGUNAAN PROBIOTIK SEBAGAI BAHAN ALAMI UNTUK STERILISASI DAN DESINFEKSI UDARA RUANGAN PENGGANTI LARUTAN KIMIA H2O2 – RSUD KABUPATEN SIDOARJO
  33. SAVE EARTH WITH PAPERLESS DI CHARITAS HOSPITAL PALEMBANG
  34. PEMBUATAN TAMAN VERTICAL GARDEN DAN TAMAN DI ROOFTOP DALAM RANGKA MENDUKUNG RS HERMINA DEPOK MEWUJUDKAN GREEN HOSPITAL

KATEGORI 4 : HEALTH SERVICES DURING CRISIS

  1. PERAN “PAPI KOMO” MENINGKATKAN RESILIANSI KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 – RSUP Prof Dr. I.G.N.G Ngoerah
  2. MAHARESTU : (Mataram Harum Rendah Stunting) – RSUD Kota Mataram
  3. Pendekar Serasi : (penanganan dini, emergency, kuratif, rehabilitasi stroke terintegrasi) – RSUD Kota Mataram
  4. STOP C.19 SEBAGAI DETEKSI DINIPENYEBARAN KASUS COVID 19 PADA KARYAWAN RSU KARTINI KUPANG
  5. Adaptif dan Berdaya – “Lean Management is the Key” – RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta
  6. MODEL SUPER PANDU SOETOMO BERAKSI : (Modifikasi pelayanan supervisi bersama Panduan praktek klinis mengantar RSUD Dr. Soetomo berhasil meredakan krisis sumberdaya )
  7. EDUKOMPUTER: EDUKASI KOMPREHENSIF TERINTEGRASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KESIAPAN IBU SAAT PEMULANGAN BBLR DI RUANG NICU RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
  8. INOVASI TELEMEDICINE MiCA (MIDWIFERY CHAT AND CALL) – RS ISLAM YOGYAKARTA PDHI
  9. Permaisuri Dancing : (Persalinan Aman, bayi sehat, ibu berseri dengan ANC rutin USG) – RSUD Kota Mataram
  10. BUSY WHILE FIGHTING (HOSPITAL READINESS FOR COVID-19) – RSPAD Gatot Soebroto
  11. BANGKIT SAAT KRISIS DENGAN STRATEGI BISNIS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN RUMAH SAKIT UAD
  12. PULANG RUMAH : Program Latihan Ulang Di Rumah – RSJD Surakarta.
  13. Insiden Tak Terduga – Hujan Abu dari Wedhus Gembel Gunung Merapi – RS Mata “Dr. YAP” Yogyakarta
  14. INOVASI ALUR SKRINING DAN TATALAKSANA GIZI ANAK DI RUMAH SAKIT ‘AISYIYAH BOJONEGORO
  15. PUTAR PALIMAR : (JEMPUT ANTAR PASIEN ODGJ KEMBALI BERMARTABAT)
  16. SPEED : (Stretcher PasiEn Elektrik RSUD Genteng)
  17. INOVASI TELEMEDICINE MiCA (MIDWIFERY CHAT AND CALL) – RS ISLAM YOGYAKARTA PDHI
  18. MBAH DIRJO PERIKSA DI RUMAH SAKIT MATA “DR. YAP” YOGYAKARTA
  19. KLINIK VIRTUAL : “Strategi Menghadapi Pandemi COVID-19 Dengan Inovasi Teknologi” – RSUP Dr. Kariadi Semarang
  20. Penerapan SINATRA di IGD RSI Aisyiyah Malang
  21. Alternatif Pemeriksaan Anemia Defisiensi Besi (ADB) yang Efektif dan Efisien pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis (PGK) dengan Hemodialisis – RSUD Sidoarjo
  22. EKUALISASI SPT MASA PPh 21, PPh 23, FINAL DAN PPN PADA LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGHADAPI PERIODE PENURUNAN USAHA RUMAH SAKIT – RS MATA “DR. YAP” YOGYAKARTA
  23. SISTEM PEMAKETAN BIAYA PELAYANAN PADA KASUS INTERVENSI PEMBEDAHAN SEBAGAI STRATEGI PENANGANAN KRISIS RUMAH SAKIT DALAM TANTANGAN ERA BPJS – RSU PKU MUHAMMADIYAH MOJOAGUNG

KATEGORI 5 : HEALTHCARE WORKERS’ WELLBEING

  1. “KOPI MANIS” : (Pelatihan Psikologi Positif untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Perawat di RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah)
  2. HEALING CLINIC SOLUSI TEPAT SAAT PANDEMI – RSUP PROF. DR. I G.N.G. NGOERAH
  3. FIT & FABULOUS: PERJALANAN MENUJU TUBUH IDEAL BERSAMA KARYAWAN RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA
  4. Screening Beck Depression Inventory-ll dan Layanan Konseling Gestalt bagi Karyawan – RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta
  5. AKU TIDAK TAKUT BAHAYA (ATITABAH) – RUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI
  6. DETEKSI DINI CEGAH PENYAKIT TIDAK MENULAR MELALUI POSBINDU DAN DONOR DARAH DI RSA UGM
  7. NILAI RUJUKAN KESEIMBANGAN MENGGAPAI BINTANG TANTANGAN (SEBT) UNTUK PRAJURIT PASCA CEDERA SIAP KEMBALI KE PERTEMPURAN – RSPAD Gatot Soebroto
  8. Mental Health Tenaga Kesehatan dalam Keselamatan Pasien di Rumah Sakit – RSAL dr Azhar Zahir Manokwari
  9. GERGAJI SEPUR : GERAKAN MENGAJI RUTIN DAN SENAM PERBAIKAN POSTUR – RSUD AJIBARANG
  10. BMI CHALLENGE : TANTANGAN MENURUNKAN INDEKS MASSA TUBUH KARYAWAN RSU KARTINI KUPANG
  11. PROGRAM WELLNESS “LIGHT WEIGHT CHALLENGE” UNTUK PERUBAHAN STATUS GIZI (IMT), BODY FAT DAN VISCERAL FAT PADA PEGAWAI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA CEMPAKA PUTIH
  12. SUPPORT KEROHANIAN MELALUI PROGRAM ZIS DARI REMUNERASI – RSAB Harapan Kita
  13. PENINGKATAN SELF EFFICACY DAN SELF CONFIDENCE PERAWAT DALAM PRAKTIK INTERPROFESSIONAL COLLABORATION MELALUI PERSONAL BRANDING BEHAVIOR – RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA
  14. SEHAT JANGKA PANJANG DENGAN DIET SEHAT BAHAGIA – RSUP Persahabatan
  15. Sharing Menjelang Jaga (Senja) sebagai Psychological Debrifing untuk mencegah Burn Out dokter jaga RS Muhammadiyah Lamongan
  16. PROGRAM PENURUNAN BERAT BADAN BAGI PEGAWAI RSAB HARAPAN KITA
  17. KEPUASAN MUTU PENDIDIKAN PESERTA DIDIK PPDS YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN STAF PENGAJAR DAN PASIEN – RSUP dr. KARIADI
  18. PERAN KESEJAHTERAAN, KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN RS UMMI BOGOR

KATEGORI 6 : LEADERSHIP AND MANAGEMENT

  1. Layanan Ambulans Hospital Mobile Unit khusus wilayah kota Makassar – RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
  2. SIMETRISS SEBAGAI STRATEGI PENGELOLAAN MANAJEMEN RISIKO BERBASIS ELEKTRONIK UNTUK UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN, EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS DI RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA
  3. Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai di RSUD Sekarwangi dengan Penerapan Konsep 9 Box Matrix Talenta dan Kaizen
  4. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PROJECTBASED FLIPPED LEARNING DENGAN MODEL IAM NURSE DALAM PELATIHAN KEPERAWATAN – RSUP PROF. DR. I G.N.G. NGOERAH
  5. NO BLAMING CULTURE V.S KONSEKUENSI APAKAH MASIH RELEVAN DI ERA TUNTUTAN MASYARAKAT YANG DEMIKIAN TINGGI? – RSUP PROF. DR. I G.N.G. NGOERAH
  6. “EMPIRIS” : (Employee Performance Monitoring System) – RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah
  7. SIPADU : Sistem Informasi Perencanaan Anggaran Terpadu – RSUD Sekarwangi
  8. STRATEGI DAN TAKTIK “PARAMEDIS” DALAM MENAVIGASI KONTRAK RUMAH SAKIT UNTUK MEMINIMALISASI RISIKO HUKUM – RS ISLAM YOGYAKARTA PDHI
  9. Audit Internal Demi Pelayanan Unit yang Lebih Baik – RSI Jakarta Cempaka Putih
  10. UPAYA MENCIPTAKAN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI PENGEMBANGAN INTANGIBLE RESOURCES DI RS PKU MUHAMMADIYAH WONOSOBO
  11. ONE DAY ONE LEAN MANAGEMENT (ODOL) UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI & EFEKTIFITAS OPERASIONAL RUMAH SAKIT – RS EMC Cikarang
  12. PROGRAM INTERNALISASI BUDAYA ORGANISASI: GESIT “REJUVINATE CULTURE, MAKE IT WORK TO GAIN GLOBAL COMPETITIVENESS” – RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta
  13. Poli eksekutif RSA UGM : akses cepat dan nyaman bagi warga UGM
  14. Meningkatkan 94% Employee Engagement Dalam waktu 6 bulan – RSI Jakarta Cempaka Putih
  15. IMPLEMENTASI MODEL PRAKTEK KEPERAWATAN PROFESIONAL DALAM MENJAMIN MUTU INSTALASI RAWAT INAP RSD dr. SOEBANDI JEMBER
  16. SIBARAJA : (SISTEM PENGADAAN BARANG DAN JASA RSUD AJIBARANG)
  17. Strategi Case Manager dalam mengelola Konflik Interdisiplin Kasus Pasien di Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
  18. EARLY WARNING SYSTEM CLAIMS JKN FOR HOSPITAL HEALTHY – RSPAD GATOT SOEBROTO
  19. TUNAS KELAPA DI TELUK SAERERI – (Pelatihan On Job Training untuk Regenerasi Perawat baru di NICU RSUD Biak)
  20. (PASTI PAS) : PEMORSIAN SAYUR TEPAT PORSI UNTUK PASIEN – RSJD Dr. ARIF ZAINUDIN PROVINSI JAWA TENGAH
  21. Peningkatan Upaya Keselamatan Pasien dengan Barcode Pelaporan IKP dikombinasikan dengan Kewajiban pelaporan IKP di E Kinerja (Penilaian Kinerja Pegawai) pada Seksi Pelayanan Medis – RSJD Dr RM Soedjarwadi, Klaten
  22. Pemantauan Penggunaan dan Quality Control Alat POCT Glukosa Darah di RS Premier Jatinegara
  23. Hospital University – RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo
  24. PENERAPAN BUDAYA KERJA “CERDAS” UNTUK MENINGKATKAN ETOS KERJA DI RSU PKU MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN
  25. “9 STARS Leadership and Management Program” – RSI Siti Hajar Sidoarjo
  26. LAPAK : Layanan Pengadministrasian Kepegawaian – RSUP Persahabatan Jakarta
  27. STRATEGI ULTIMATE SERVICE MENCIPTAKAN TIM SAT-SET, DAS-DES DALAM PERCEPATAN PELAYANAN HOSPITALITY DI RS UAD
  28. Aplikasi SMART Kinerja, Strategi Mendukung Produktifitas, Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Pegawai – RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta
  29. OPTIMALISASI PERAN CASE MANAGER DALAM PENINGKATAN MUTU DAN KUALITAS PELAYANAN RS AISYIYAH BOJONEGORO
  30. Forecasting Farmasi Mendukung Perencanaan dan Pengadaan Obat – RS Akademik Universitas Gadjah Mada
  31. PLABOT, PELUANG JADI UANG – RUMAH SAKIT MATA “Dr.Yap” YOGYAKARTA
  32. PERAN UNIT DALAM MENDUKUNG EFISIENSI RUMAH SAKIT – RSUP DR. KARIADI SEMARANG
  33. Peran Culture Monitoring System (CMS) Dalam Membangun Budaya Organisasi – RSAB Harapan Kita
  34. KSHKu Sahabat Karirku – RS Keluarga Sehat
  35. Pengaruh Pelatihan Transformasi Budaya Terhadap Kinerja Perawat dan Peningkatan Kepuasan pasien RSU Pekerja Jakarta
  36. AKSELERASI ALAT KESEHATAN PDN DALAM MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN: SUATU KEINGINAN ATAU
    KEBUTUHAN? – RSUP PROF. DR. I G.N.G. NGOERAH
  37. Pengembangan Dahsboard dalam Monitoring Pelayanan di RS Universitas Indonesia
  38. Implementasi Dashboard dalam Monitoring dan Evaluasi Kinerja Unit Kerja di RS Universitas Indonesia
  39. SIMPEL WITH SORT AND DRIVE SISTEM ARSIP LENGKAP KARYAWAN RS. ISLAM JAKARTA CEMPAKA PUTIH
  40. GAMBARAN PELAYANAN KESEHATAN PADA DIMENSI DAYA TANGGAP (RESPONSIVENESS) DI PENDAFTARAN RSU RIZKI AMALIA MEDIKA
  41. STRATEGI MEWUJUDKAN KEPUASAN REGULATOR EKSTERNAL (DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA) MELALUI INTEGRASI DAN KOLABORASI SELURUH UNIT KERJA
  42. INOVASI PROGRAM “KAMUS“ : (KAMIS UPDATE ILMU AND SKILL) BERBASIS STUDI KASUS SEBAGAI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN MEDIS RUMAH SAKIT
  43. Bersama Meraih Bintang – RS Dr. Oen Kandang Sapi Solo

KATEGORI 7 : QUALITY AND PATIENT SAFETY

  1. Efektivitas Reposisi 30 derajat menggunakan Bantal Segitiga Pencegah Dekubitus terhadap Penurunan Risiko Kejadian Luka Dekubitus pada Pasien Tirah Baring Lama di Ruang ICU RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
  2. Safety Pasien Rawat Inap dengan Alarm Notifikasi Nilai Kritis – RS Sari Asih Serang
  3. Sarang Infus Pada Pasien Anak Usia 1-2 Tahun di Ruang Perawatan Anak RS Sari Asih Serang
  4. Kolaborasi Aso-Antibiotik Meningkatkan Patient Safety pada Pasien Rawat Inap RS Islam Jakarta Cempaka Putih
  5. Today Order List (TOL) dalam Meningkatkan Komunikasi Hand Over Perawat – RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  6. Pengadaan Gantungan Dower Cateter (Simple Hanger) – RS Sari Asih Serang
  7. Respon Cepat Tim Resusitasi dengan Resus Huddle di Ruang Emergency RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  8. Pit Stop 1 Minute Meningkatkan Keselamatan Pasien Saat Transfer dari Triage IGD Ke Ruang Rawat Inap Non Intensif ii Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  9. TAPS (Three Action Preoperatif System) Memastikan Kelengkapan Persiapan Operasi Elektif RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  10. Flag Resusitation : Perpendek Waktu Tindakan Resusitasi Code Blue Pasien Cardiac Arrest – RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  11. Si Hijau Yang Menguntungkan (SHM) – RS Islam Jakarta Cempaka Putih
  12. Analisis Variasi TIN FILTER terhadap Nilai NOISE dan Dosis Radiasi pada Protokol CT Scan Mastoid denga CT Scan Single Source: Studi Phantom – RS Hermina Depok
  13. Peningkatan Budaya Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) Melalui Kanal We Care – RS Islam Jakarta Cempaka Putih
  14. Implementasi Patient Safety Friendly Hospital Framework (PSFHF) Assessment di Rumah Sakit Mata “Dr. YAP”
  15. Klinik TB DOTS Sebagai Klinik One Stop Service Bagi Pasien TB, Pasien TB dengan HIV dan Pasien TB dengan DM Sebagai Wujud Patient Safety dan Komitmen RSA UGM dalam Eliminasi TB Tahun 2030
  16. Implementasi Proyek Drinking, Eating, and Mobilizing (DrEaMing) di RS Premier Bintaro: Menuju Perjalanan Perioperatif yang Lancar dan Aman
  17. Rumah Sakit Ramah Teman Tuli (RUMAH MANTUL) – RSUD R Syamsudin, SH – Sukabumi
  18. “SILQUATROL” (Sistem informasi Laboratorium Quality Control dan Logistik) – RSUD OKU Timur
  19. PAK MUSDI (Pakaian Muslim Dialisis): Sebuah Fashion Pasien Dialisis – RSUD dr. Adhyatma, MPH
  20. Pengembangan Early Warning System (EWS) dengan Sistem Medical Emergency Team (MET) Call di Rumah Sakit Premier Jatinegara
  21. Efektifitas Penerapan 8 P dalam Ronde Keperawatan untuk Menurunkan Kejadian Pasien Jatuh di Ruang Rawat Inap Medical Surgical Rumah Sakit Premier Jatinegara Tahun 2023
  22. Pengendalian Risiko HAIs dengan Menggunakan HAIs Screening Dan HAIs Scoring Pada Pasien di Ruang High Care Unit RS Premier Bintaro
  23. Pengembangan Mesin RO Portable Untuk Meningkatkan Keamanan Pasien Hemodialisa Demi Mewujudkan People Caring For People
  24. Navigasi Robotik Sebagai Solusi Penyakit Lumbar Degeneratif: Upaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Premier Bintaro
  25. Inovasi Optimalisasi Layanan Antar Obat sebagai Solusi dalam Mengurangi Antrian Pasien di Farmasi Rawat Jalanuntuk Mencapai PeopleCaring For People di RS Premier Bintaro
  26. Bedside Handover dengan Metode SBAR (Situation, Background, Assessment, Recommendation) untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kepuasan Pasien
  27. Efektivitas Pelaporan Insiden Berbasis Aplikasi “LITER” dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Karyawan dalam Menindak Lanjut Insiden di Rumah Sakit – RSUD Inche Abdoel Moeis Samarinda
  28. Tanya Saya 3D – RS Awal Bros Ujung Batu
  29. e-IKP (Electronik Insiden Keselamatan Pasien) sebagai Implementasi Mutu dan Keselamatan Pasien
  30. Antimicrobial Cycling Pasca Pandemi COVID-19 di RSPAL dr. Ramelan
  31. Optimalisasi Penggunaan Reusable Nametag Sebagai Alat Identifikasi Pasien di Ruang Hemodialisis dalam Meningkatkan Patient Safety, Efisiensi & Cost-Effectivenss
  32. Kepatuhan Petugas Melaksanakan 5 CIS Pada Tahap Pra Analitik Untuk Keselamatan Pasien Unit Laboratorium
  33. Optimalisasi Verifikasi Geometri dalam Radioterapi Konformal Pada Pasien dengan Kasus Kanker Kepala dan Leher
  34. Raden Soedjarwadi Scan Barcode (Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Di RSJD Dr RM Soedjarwadi dengan Scan Barcode)
  35. Program keputusan maksimal 2 jam dan total layanan 4 jam di IGD RSUP Dr Sardjito dengan Metode FMEA (Failure Mode Effect Analysis) dalam mendukung Transformasi di bidang Kesehatan
  36. Family Integrated Care (FI-CARE) di Ruang Neonatus Intensive Care Unit – RSIA Bunda Jakarta
  37. Optimalisasi Pelayanan ICU Melalui Pembuatan Sistem Skoring Pasien Perioperatif Masuk Intensive Care Unit (ICU) di RSAB Harapan Kita
  38. POCQI Pembawa Hokky – RSPAD Gatot Soebroto
  39. Penerapan Clinical Pathway Meningkatkan Efisiensi Biaya Perawatan Pasien BPH di RSU Rizki Amalia Medika Tahun 2022
  40. Peningkatan Pengetahuan dan Kepatuhan Kebersihan Tangan Melalui Experiential Learning dengan Fluorescence Lotion – RS Premier Jatinegara
  41. Simbok Malaikan Penolongku – RS Dr. Oen Kandang Sapi Solo
  42. Strategi Efektif dalam Upaya Menurunkan Angka Kejadian Jatuh dan Meningkatkan Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Pasien Jatuh di Ruang Bima 3 Instalasi Rawat Inap RS Akademik UGM
  43. Optimalisasi Implementasi Slot Kamar Operasi di Instalasi Bedah Sentral RS PELNI untuk Meningkatkan Ketepatan Waktu Operasi
  44. Perbandingan Kejadian Flebitis pada Penggunaan Kateter Vena Umbilikal (UVC) pada Bayi Prematur dengan Perawatan Lama Dibandingkan dengan Infus Perifer di RSUD Dr. Murjani
  45. Patients Engagement in Hand Hygiene: Tahu Lebih Dalam Tentang Keinginan Pasien pada Kebersihan Tangan – RS Mata “Dr. YAP”
  46. Analisa Pelayanan Rekam Medis Terintegrasi di Rawat Inap dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) – RSI Siti Hajar Sidoarjo
  47. Sistem Notifikasi Nilai Kritis terhadap Peningkatan Capaian Pelaporan Hasil Kritis Laboratorium dalam Implementasi Mutu dan Keselamatan Pasien di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

KATEGORI 8: INNOVATION IN HEALTHCARE IT

  1. ESRI (PACS) ORTHANC – RS Sari Asih Serang
  2. Akhiri Pemeriksaan Laboratorium dengan “Anjungan Laboratorium Mandiri” – RS Sari Asih Serang
  3. Optimalisasi Koding dan Kendali Biaya dengan E-Puding di RS Sari Asih Serang
  4. SIP Reminder Verifikasi DPJP – RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  5. Pengembangan Pelatihan Berbasis Teknologi dengan Model Project-Based Flipped Learning dalam Upaya Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia – RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  6. Kemudahan dalam Penerapan Digitalisasi Manajemen Risiko – RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  7. Bergerak Bersama Melawan Resistensi Antimikroba Melalui GLADIATOR – RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  8. “CODICARD” : Pemantauan Konseling Gizi Anak dengan Malnutrisi – RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  9. Inovasi Telestroke dalam Upaya Meningkatkan Keselamatan Pasien Stroke Akut di RS Premier Jatinegara
  10. “SI ABAS ELOK” (SIstem pengadaAn berBASis ELektrOniK) – RSJD Dr. Arif Zainudin Jawa Tengah
  11. “SIMON NING PASAR” (SIstem MONNitorING PerbAikan SARana dan prasarana rumah sakit) – RSJD Dr. Arif Zainudin Jawa Tengah
  12. Optimalisasi Ruang Tunggu Pelayanan Ke Ruang Terbuka dengan Antrian Online Berbasis Web di Rumah Sakit Mata “DR. YAP”
  13. Disposisi Online (Disline) Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pengelolaan Disposisi yang Efektif, Efisien, Produktif – RS Mata “DR. YAP”
  14. Program Inovasi Layanan di RS Marinir Cilandak
  15. Pemanfaatan Aplikasi Maternal Perinatal Death Notification (MPDN) pada Program Pengampuan Rumah Sakit Bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Sebagai Upaya Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia.
  16. Maternal Perinatal Death Notification (MPDN) Aplikasi Pendukung Upaya Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia.
  17. Penerapan EWSS dalam Penurunan Resiko Code Blue dengan Pemanfaatan Rekam Medis Elektronik (RME) di SIMGOSRS RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
  18. Sistem Pelaporan Cepat Kejadian Insiden Keselamatan Pasien (SEKILAT PAS) di RSUD Lasinrang, Kabupaten Pinrang
  19. Smart Flow Chart Digital dalam Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Kertas dan Pelayanan di ICU RSIY PDHI
  20. Sistem Pelepasan Informasi Medis Berbasis Web Untuk Meningkatkan People Caring For People Di Rumah Sakit Premier Bintaro
  21. Inovasi Radiology Service Excellent System dalam Memberikan Pengalaman Terbaik Bagi Pelanggan dan Mewujudkan The Most Helpful Hospital
  22. Inovasi Kode QR Untuk Pelayanan Non Medis Menuju The Most Helpful Hospital di RS Premier Bintaro.
  23. Inovasi Kemandirian Pasien untuk People Caring For People Dengan Digitalisasi Self Assessment di RS Premier Bintaro
  24. Inovasi Implementasi Root Cause Analysis (RCA) Melalui Digital Aplikasi Rootbin Untuk Meningkatkan People Caring For People Menuju The Most Helpful Hospital
  25. Implementasi Inovasi Berkelanjutan Sistem Gizi Berbasis Digital Untuk Mencapai Green Hospital dan Penerapan Food Preference Untuk Meraih Kepuasan Pasien Demi Meningkatkan People Caring For
    People Menuju The Most Helpful Hospital
  26. Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Sisdmyap untuk Mendukung Upaya Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan – RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta
  27. SIMOPI (Sistem Integrasi Model Pengendalian Internal) sebagai Inovasi Pelayanan Publik berbasisTeknologi pada RSUD Sekarwangi
  28. aMed+ untuk Simplifikasi Layanan RSUD Cipayung
  29. Pemanfaatan Aplikasi Maternal Perinatal Death Notification (MPDN) Pada Program Pengampuan Rumah Sakit Bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Sebagai Upaya Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia
  30. Perancangan My Geriatri 1.1 Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu dan Kualitas Hidup Pasien Klinik Geriatri Berbasis Android di Rumah Sakit UAD Yogyakarta
  31. Siti Hajar Informasi Indikator Mutu (SHI-IMUT)
  32. Hitung Waktu Tunggu Hasil Laboratorium Sebelum vs. Sesudah Laboratory Information System (LIS) – RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta
  33. Sistem Informasi Layanan Unit Transfusi Darah RSUP Persahabatan (UTDRS)
  34. Revolusi Pengumpulan Data Indikator Nasional Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi – RSUP Persahabatan
  35. Aplikasi SAM RS Sistem Aset Management Rumah Sakit – RSUP Persahabatan
  36. Aplikasi mobile pembacaan EKG – RSUP Persahabatan
  37. TELE APIK (Teyeng Ndeleng Antrian Pendaftaran lan Poliklinik) – RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo
  38. Efektifitas Sistem Aplikasi Notifikasi Pelaporan Hasil Kritis Laboratorium Capai Indikator Mutu Rumah Sakit (SI NONA RILA IMUT) Terhadap Respon Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
  39. Digitalisasi Pengiriman Informasi Penting Keuangan Pegawai di RSUD SIDOARJO
  40. Dampak Digitalisasi Terhadap Efisiensi dan Efektivitas Persediaan Farmasi Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro
  41. Anjungan Fingerprint Mandiri sebagai Upaya Meningkatkan Aksesibilitas Pasien JKN di RSUP Dr Sardjito
  42. Manless Registration Corner Sebagai Upaya Meningkatkan Aksesibilitas Pasien Rawat Jalan di RSUP Dr Sardjito
  43. Si DeDi: Sistem Diteksi Dini – RS PKU Muhammadiyah Gamping
  44. Implementasi Surat Kontrol Otomatis dan Antrian Online Sebagai Simplifikasi Administrasi Pelayanan Pasien Rawat jalan Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang
  45. ME-SMILE INOVASI TEKNOLOGI TEMTAKEL LIMDIS RS – RSUP Dr Sardjito
  46. Optimalisasi Proses Pendaftaran dengan Digitalisasi Dalam Mengurangi Respon Time Pendaftaran pada Pasien Dialisis di RS Umum Pekerja Jakarta
  47. SITURI (Sistem Hitung Hari) Tindak Lanjut Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) – RS Telogorejo Semarang
  48. “IMPORTANT” (Informasi Tempat Tidur, Pengorganisasian, dan Kinerja Harian Ruang Perawatan Terintegrasi) – RSUD Dr. Adhyatma, MPH
  49. Transformasi Digital Pelaporan Indikator Mutu, Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Terintegrasi dan Kemudahan Implementasinya di RS Panti Wilasa Citarum Semarang Jawa Tengah

KATEGORI 9: CUSTOMER SERVICE, MARKETING & PUBLIC RELATION

  1. “TEMANMERDU” Sistem Layanan Kerjasama Terpadu – RSUP Prof. Dr. I G.N.G. Ngoerah
  2. Manajemen Pemasaran Rumah Sakit dengan Menggunakan Konsep Lean Hospital – RS Ken Saras
  3. TRESNO KOE : Tempat REspon maSalah daN daftar Online jKn mObilE – RSUD Ajibarang
  4. Mengubah Hambatan Menjadi Peluang Rumkital dr. Oepomo Bekerjasama Dengan BPJS Ketenagakerjaan
  5. SI ATIK NGODE (DigitalisaSI Ajukan PrakTIk Klinik DeNGan BarcODE) Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Pengajuan Praktik Klinik dan Keselamatan Pasien di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah
  6. Way Finder sebagai Implementasi dari Customer Service, Marketing & Public Relation
  7. Pengembangan Katering Halal Sebagai Upaya Revenue Center di Instalasi Gizi RSU Islam Klaten
  8. LISA MAKIN BERSERI: (Layanan Impresif Subspesialistik Alergi Anak RSUD Dr.Soetomo Menahan Keinginan Masyarakat Berobat Sendiri ke Luar Negeri)
  9. Penguatan Kolaborasi Jejaring RS Mata “Dr. YAP” Melalui Program Continuing Professional Development Tenaga Kesehatan
  10. Community Engagement Sebagai Strategi Sosial Marketing RS Mata “Dr. YAP”
  11. Ultimate Customer Experiences Untuk Mencapai The Most Helpful Hospital Program Layanan Klinik Eksekutif
  12. Kreativitas Tanpa Batas untuk Kesejahteraan Masyarakat Rumah Sakit Premier Bintaro
  13. Pelayanan Perawatan Ramah Anak (PERAK) sebagai inovasi pelayanan Customer Service, Marketing & Public Relation
  14. AKSI PESUT (Aksi Promosi & Edukasi Kesehatan Berkelanjutan) sebagai Upaya Menyinergikan Peranan Tim Pemasaran, Humas dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit
  15. LIPS FRIDA: Layanan Informasi PelangganRSUP Dr. Sardjito makin cepat, tepat dan akurat dengan FRIDA (Frontliner Information Dashboard & Application)
  16. DALANG KEPO : DAtang LANGsung KE POliklinik – RSUD Dr. Adhyatma, MPH
  17. Strategy Digital Marketing Hospital Transformation – RSI Siti Hajar Sidoarjo
  18. KARTINI (Kiat RSUD Genteng Peduli Wanita) – RSUD Genteng
  19. Layanan Pendampingan Humas Tingkatkan Kepuasan Pasien, Menuju Service Excellence – RS Akademik UGM
  20. Gazebo Sahabat – RSUP Persahabatan.
  21. Peranan Program Acara Mandiri Fertility Talk, Tanya Dokter RSABHK, Room Tour Eksklusif, Es Teh Ramadhan, Kata Keluarga Kita, #Lihat Layanan Untuk Optimalisasi Branding RSAB Harapan Kita
  22. Desa Binaan Sebagai Sarana Marketing Mendukung Program Nasional Stunting Wasting – RSU Rizki Amalia Medika
  23. Strategi Humas dalam Menyelesaikan Keluhan Pelanggan dengan Pendekatan Al-Ashr di Rumah Sakit UAD
  24. Skrining Tuberculosis (TB) dan Investigasi Kontak TB Gratis Selama Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro
  25. Studi Emperis Pendampingan Staf Fungsional Eksekutif Terhadap Ekspektasi dan Kepuasan Pasiem Poliklinik Padma RS Hermina Tangkubanprahu dengan Pendekatan Importance Performance Map Analysis dan Patient Satisfaction Index
  26. Pengaruh penggunaan Whatsapp Blast terhadap kerekatan hubungan dengan pasien dan meningkatkan jumlah kunjungan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Pekerja
  27. Pengembangan Aplikasi ”E-Keluhan Pelanggan” untuk Meningkatkan Layanan Keluhan Pelanggan di RSU Islam Klaten
  28. Sistem Penanggulangan Gawatdarurat Terpadu (SPGDT) terhadap kunjungan pasien di Rumah Sakit Umum Pekerja
  29. Peningkatan Pelayanan Gizi dengan Catering Diet Melalui Marketing Excellent di RSUD Sidoarjo
  30. Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Customer Engagement Strategy di Rumah Sakit Awal Bros A. Yani Pekanbaru
  31. Pelatihan Jejaring Sebagai Strategi Marketing Klinik Obstetri Gynekology RSU Rizki Amalia Medika
  32. Kariadi Menyapa Hati
  33. Sentuhan Humanis di Tengah Gemburan AI (Artificial Intelligence)
  34. Optimalisasi Peran Kader Sebagai Role Model Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat – RS UMMI Bogor
  35. Edukom (Edukasi Komik) Kecemasan Enhancing Play Therapy During Hospitalization for School Age Children – RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
  36. Optimalisasi Peran Patologi Anatomi dalam Kepuasan Pelanggan Eksternal di RSPAD Gatot Soebroto
  37. Radjiman Shuttle, Improving Customer Experience And Building Brand Awareness.
  38. “INSTAGRAM COLLABS” Optimalisasi Strategi Digital Marketing
  39. Palliative Home Care – Rumkital Dr. Midiyato Suratan